Kompas.com - 21/09/2013, 15:33 WIB
EditorI Made Asdhiana
BANDA ACEH, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Mari Elka Pengestu menyatakan pemerintah pusat serius untuk mewujudkan Sabang sebagai destinasi wisata nasional.

"Pemerintah telah mengalokasikan dana dalam beberapa tahun terakhir melalui APBN untuk membangun infrastruktur penunjang daerah wisata di Kota Sabang," katanya di Banda Aceh, Jumat (20/9/2013).

Menurut Mari, Sabang memiliki potensi yang cukup besar untuk dikembangkan sebagai daerah tujuan wisata di Indonesia dan wilayah tersebut berbeda dengan Bali. "Sabang memiliki keindahan alam yang luar biasa dan Aceh juga kaya akan budaya," katanya.

Menparekraf menjelaskan, Sabang juga memiliki pelabuhan natural yang dalam dan sangat mudah merapat kapal-kapal pesiar dari berbagai negara yang akan singgah untuk menikmati keindahan daerah tersebut. "Bapak Presiden telah menyatakan Sabang akan menjadi salah satu destinasi nasional dan internasional di masa mendatang," katanya.

Karena itu Mari mengatakan perlu adanya pengemasan secara baik terhadap berbagai daerah tujuan wisata yang tersebar di seluruh Kota Sabang khususnya dan Kota Banda Aceh yang merupakan pintu gerbang masuknya pelancong sebelum berangkat ke Sabang.

"Lokasi wisata tsunami juga harus dikemas dengan baik dan juga cerita-cerita tentang musibah besar tersebut harus dibuat dengan baik guna disajikan kepada setiap pengunjung," katanya.

SERAMBI INDONESIA/BUDI FATRIA Wisatawan asal Rusia mengabadikan Monumen Tsunami PLDT Apung saat berkunjung di Gampong Punge Blang Cut, Banda Aceh, Selasa (25/12/2012).
Mari mengatakan dengan adanya panduan tujuan wisata yang dilengkapi berbagai cerita dan kekhasan yang dimiliki setiap kawasan akan menjadi salah satu pendorong bag pelancong yang akan datang ke Nol Kilometer Indonesia bagian barat khususnya dan Aceh umumnya.

Mari menambahkan dengan adanya tekad Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk membangun Sabang maka kementerian lainnya juga akan berpartisipasi mendukung Sabang sebagai destinasi wisata di masa mendatang di Tanah Air.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Antara


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.