Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/09/2013, 09:14 WIB
|
EditorI Made Asdhiana
JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) memberikan penghargaan dalam bidang perhotelan bertajuk "Green Hotel Award 2013". Penghargaan tersebut diberikan kepada pelaku perhotelan yang telah menerapkan konsep "green" dalam pengelolaan hotel.

Pemberian penghargaan bertepatan dengan Hari Pariwisata Sedunia yang jatuh setiap tanggal 27 September. Terdapat 31 hotel di 13 provinsi yang ikut serta dalam penilaian pada 25 hingga 29 Juni 2013.

Menurut Dirjen Pengembangan Destinasi Pariwisata Kemenparekraf Firmansyah Rahim, penghargaan ini dilaksanakan dua tahun sekali dengan dimulai pada tahun 2009.

"Penghargaan ini merupakan dukungan kepada pengelola pengusaha hotel yang telah menerapkan langkah-langkah ramah lingkungan," ujar Firmansyah saat sambutan penganugerahan Green Hotel Award 2013 di Balairung Soesilo Sudarman Gedung Sapta Pesona, di Jakarta, Jumat (27/9/2013).

Menurut Firmansyah, 10 besar hotel yang masuk ke dalam nominasi Green Hotel akan disertakan dalam Green Hotel Award di ASEAN pada 2014 di Kuala Lumpur.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu mengatakan pelaksanaan konsep green hotel termasuk dalam penggunaan energi, air dan penggunaan bahan material pembangunan.

"Menerapkan green hotel dengan menghemat energi, air dan menerapkan manajemen yang baik dalam konsep green. Jika hotel tersebut menghemat energi, nantinya akan menghemat cost," ujar Mari.

Dalam penghargaan tersebut, memunculkan 20 hotel dengan konsep green terbaik. Adapun kriteria penilaian meliputi tata guna lahan, penggunaan air, konservasi air, material ramah lingkungan, kualitas udara, tata kelola bangunan (pengelolaan limbah), green purchasing, manajemen hotel, manajemen pengolahan makanan dan corporate social responsibility (CSR).

Sedangkan, dewan juri penilai terdiri dari unsur Green Building Council Indonesia (GBCI), Tenaga Ahli Teknik Lingkungan, Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Asosiasi Ahli Teknik Hotel Seluruh Indonesia (ASTHI), Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Ke-20 nominasi hotel adalah sebagai berikut.
1 . Borobudur Hotel Jakarta
2  St. Regis Bali Resort
3. Alila Hotel Uluwatu
4. Dharmawangsa Hotel Jakarta
5. Mandarin Oriental Jakarta
6. Grand Melia Jakarta
7. Nusa Dua Beach Hotel
8. Hyatt Regency Yogyakarta
9. Novotel Palembang
10. Novotel Lampung
11. Bali Garden Beach Hotel
12. Novotel Hotel Bandung
13. Alam Kul Kul Bali
14. Matahari Beach Hotel Bali
15. Discovery Kartika Plaza Bali
16. Novotel Manado Hotel
17. Yogyakarta Plaza Hotel
18. Pullman Hotel Jakarta
19. Mercure Mirama Surabaya
20. Santika Premiere Yogyakarta

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+