Kompas.com - 28/09/2013, 13:19 WIB
Lubang Jepang di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, Rabu (8/6/2011). Lubang sepanjang 1470 meter ini di bangun pada tahun 1942 dan berisi berbagai macam ruang seperti ruang makan romusha, ruang sidang, hingga ruang amunisi. KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZES Lubang Jepang di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, Rabu (8/6/2011). Lubang sepanjang 1470 meter ini di bangun pada tahun 1942 dan berisi berbagai macam ruang seperti ruang makan romusha, ruang sidang, hingga ruang amunisi.
EditorI Made Asdhiana
BUKITTINGGI, KOMPAS - Jejak peninggalan Belanda dan Jepang banyak ditemukan di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat. Salah satunya bekas bungker tentara Jepang yang dikenal sebagai Lubang Jepang. Tempat ini kini menjadi salah satu obyek wisata andalan di Kota Bukittinggi selain Jam Gadang atau benteng sisa peninggalan Belanda.

Dengan membayar Rp 5.000, kita bisa menikmati sensasi berjalan menyusuri lorong Lubang Jepang. Ada beberapa ruangan di sana, seperti penyimpanan amunisi, penjara, dan ruang rapat. Pintu masuk Lubang Jepang di pinggir jalan menanjak dari kawasan Ngarai Sianok.

Setelah melalui terowongan panjang dan berbelok serta menaiki 132 anak tangga, kita sampai di pintu bungker yang lain di atas bukit. Dari tempat yang biasa disebut taman panorama ini, kita bisa melihat keindahan Ngarai Sianok. (AHA/UTI)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.