Reza Murad Ali berulang kali meraba beberapa kain batik yang dipajangnya di ruang pamer Batik Puspa Hadi di Jalan Sidoluhur, Nomor 75, Laweyan, Solo, Jawa Tengah. Senyuman Manajer Marketing Mydin, salah satu hypermarket raksasa di Malaysia, itu, mengembang saat melihat dan meraba daster motif bunga merah kuning dengan warna dasar kain biru langit. ”Saya yakin, batik ini akan mendapatkan hati pelanggannya,” katanya.
Reza mengakui, batik laweyan tak pernah mengecewakan. Sejak 8-10 tahun terakhir, ia selalu datang ke Laweyan saat membutuhkan baju batik. Lewat jaringan Mydin, ribuan helai baju batik laweyan ludes terjual setiap tahunnya. ”Baju atau daster batik laweyan digemari karena kainnya halus dan motifnya beragam,” tambahnya.
Pemilik Batik Puspa Hadi, Achmad Sulaeman, mengatakan, konsumen Malaysia adalah pasar potensial batik laweyan. Keberhasilan menembus Malaysia menjadi salah satu penopang bangkitnya kembali usaha batik laweyan. Negara Bagian Langkawi dipilih sebagai pasar utama karena membebaskan biaya cukai. Perajin batik di Trengganu dan Kelantan juga diajak bekerja sama untuk mengembangkannya.
Asal-usul
Sejarah batik laweyan memang tak bisa dipisahkan dari Desa Lawe yang dulu dikenal sebagai pusat perdagangan bahan baku kapas dan kain, sekitar abad ke-16. Nama ”lawean” diambil dari kata ’lawe’ yang artinya kain tenun.
Berada di tepi Sungai Kabanaran, pedagang asal Lawean membawa barang dagangannya ke Bandar Nusupan yang berada di tepi Sungai Bengawan Solo. Kiai Ageng Henis kemudian menawarkan alternatif usaha baru bagi masyarakat Laweyan tahun 1546. Sebagai keturunan Raja Brawijaya V, ia terbiasa dengan pembuatan batik di lingkungan istana. Kakek buyut Sutawaijaya, raja pertama Mataram Islam, itu, lantas mengajari masyarakat cara membatik menggunakan canting.
Perlahan, Laweyan berubah rupa. Keuntungan dagang yang lebih baik membuat banyak pembuat mori banting setir menjadi pengusaha batik. Peninggalan fisik berupa rumah dengan tembok tinggi dan besar serta berarsitektur bergaya kolonial, menjadi saksi kejayaan Laweyan. ”Penghasilan saudagar kaya saat itu lebih besar ketimbang gaji bupati. Saudagar batik bisa mendapat 800 gulden per hari. Sementara itu bupati hanya 1.000 gulden per bulan,” kata Achmad.
Pemerintah Belanda yang tahu aktivitas itu, tidak tinggal diam. Raungan pesawat tempur Belanda sempat membombardir kawasan Laweyan. Tujuannya, memutus rantai ekonomi saudagar batik. Meski sejumlah rumah hancur, semangat perjuangan tidak surut.
Tak diketahui pasti berapa banyak gulden dan harta benda yang diberikan Samanhudi dan rekan-rekannya untuk membantu perjuangan Indonesia untuk diakui sebagai negara merdeka. Namun, dari cerita yang beredar di kalangan pembatik, hingga kematiannya, ia tidak meninggalkan banyak harta. (Cornelius Helmy)
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.