Kompas.com - 27/11/2013, 14:02 WIB
Berlangsung pada 24-27 November 2013 di Bali, World Culture Forum bertema The Power of Culture in Development ini akan dihadiri sepuluh menteri kebudayaan. www.shutterstock.comBerlangsung pada 24-27 November 2013 di Bali, World Culture Forum bertema The Power of Culture in Development ini akan dihadiri sepuluh menteri kebudayaan.
|
EditorWisnubrata
DENPASAR, KOMPAS.com - Kolaborasi seni dan budaya bukanlah hal yang asing. Namun kegiatan seperti itu tetap saja menarik. Salah satu yang layak disaksikan adalah perpaduan budaya Jepang dan Indonesia yang dikemas dalam Japan Festival Bali 2013. Kegiatan iniberlangsung di Balai Banjar Pengosekan, Desa Mas, Ubud, Kabupaten Gianyar selama sepekan, 28 November-3 Desember 2013.

"Ini atas kerja sama Japan-Bali Association for Educational and Cultural Exchange, Konsulat Jenderal Jepang di Denpasar, dan Sanggar Wayang Beber Cudamani," kata staf Konsulat Jenderal Jepang, Sokhibi, di Denpasar, Selasa (26/11/2013).

Ia mengatakan, Japan Festival Bali 2013 akan menampilkan sejumlah pertunjukan perpaduan budaya Jepang dan Bali. Pagelaran yang terbuka untuk umum secara cuma-cuma itu menyuguhkan pertunjukan Noh, satu drama musik Jepang klasik yang telah dipertunjukkan sejak abad ke-14.

"Acara itu dipadu gamelan tradisional Bali. Selain itu juga akan ada penampilan penari kontemporer Jepang berinteraksi budaya dengan penari Bali," ujar Sokhibi.

Selain itu juga digelar lomba pidato bahasa Jepang, dan pertunjukan Grantang Pelog oleh Perkumpulan Jepang Bali, Suar Dwi Stri.

Artis pendukung antara lain Tsumura Reijiro (penari Noh Jepang), wayang beber cudamani (gamelan Bali), Ohno Makoto (pemain suling Jepang) dan Yasufuku Mitsuo (pemain perkusi Jepang).

Pada 30 November 2013, misalnya, di tempat dan jam sama dipentaskan tarian kontemporer Jepang dan tradisional Bali dengan seniman pendukung antara lain Moriyana Kaiji (penari kontemporer Jepang), Ni Wayan Sekarini (penari Bali), Sanggar Wayang Beber Cudamani (gamelan Bali)

Pada 2 Desember 2013 ditampilkan pertunjukan Feel Alive, dengan artis pendukung Mime Troupe Grand dan Ballon (pantmime Jepang), sedangkan pada 3 Desember 2013 lomba pidato bahasa Jepang serta pertujukan grantang, dengan seniman pendukung Suar Dwi Stri.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.