Jalan-jalan Sehari di Kuala Lumpur? Bisa Kok!

Kompas.com - 17/01/2014, 10:58 WIB
MRT merupakan transportasi umum yang mudah dan murah di Kuala Lumpur. KOMPAS.COM/FIRA ABDURACHMANMRT merupakan transportasi umum yang mudah dan murah di Kuala Lumpur.
|
EditorI Made Asdhiana

KOMPAS.com - Tidak perlu galau kalau ingin pelesir ke luar negeri tapi punya waktu mepet. Satu hari saja bisa asal nggak jauh–jauh. Cukup ke negara tetangga Malaysia. Berangkat pagi pulang malam. Pulang bawa oleh–oleh.

Bisa juga sekalian ada bisnis, pulangnya menikmati Ibu Kota negeri Jiran, Kuala Lumpur. Tidak perlu bujet besar juga karena transportasi umum di Kuala Lumpur sudah bagus. Minimal ada kereta api dalam kota atau biasa disebut MRT yang dijamin bebas dari macet.

Berikut tips wisata singkat di Kuala Lumpur.

1. Pagi–pagi keluar dari hotel bisa sarapan di Jalan Alor di kawasan Bukit Bintang. Di pojokan jalan yang selalu ramai ini ada nasi lemak dengan lauk pauknya yang cocok di lidah orang Indonesia. Ada ayam rendang, telor balado, dan sambal tentunya. Harganya terhitung murah juga. Biasa satu porsi sekitar 5–7 Ringgit atau setara dengan Rp 18.000 – Rp 20.000.

2. Dari kawasan elit Bukit Bintang tempat kedua adalah Batu Caves. Letaknya memang agak jauh dari Kuala Lumpur yaitu di kawasan distrik Gombak. Tak perlu khawatir, Batu Caves bisa dengan mudah dicapai dengan kereta api dari KL Sentral. Tidak sampai satu jam sudah sampai.

KOMPAS.COM/FIRA ABDURACHMAN Batu Caves di Kuala Lumpur.

Batu Caves adalah salah satu tempat ibadah penting bagi umat Hindu di Malaysia. Tempat ini terbuka dan gratis untuk para turis. Patung Murugan di kompleks Batu Caves menjulang tinggi mencapai hampir 50 Meter. Dibangun sejak tahun 1500-an.

Kalau mau sampai ke goa, pengunjung harus menapaki 272 anak tangga. Asal hati–hati terhadap barang dan perhiasan. Bukan diambil copet tapi banyak monyet berkeliaran yang kadang iseng mengambil barang–barang kecil yang kita bawa.

3. Setelah puas di Batu Caves, lanjut ke KL Tower. Ibaratnya di Jakarta adalah Monas. KL Tower atau biasa juga disebut menara KL adalah tempat yang paling pas untuk menikmati kota Kuala Lumpur dari atas.

Dengan membeli tiket 40 Ringgit atau setara dengan Rp 150.000, pengunjung bisa sampai ke lantai 45. Kalau takut ketinggian ya jangan ke sini karena tingginya juga lumayan memacu adrenalin yaitu 421 meter.

KOMPAS.COM/FIRA ABDURACHMAN Nasi Kandar Pelita Resto di Kuala Lumpur, Malaysia.

4. Saatnya makan siang yaitu di Nasi Kandar Pelita Resto. Nasi kandar adalah nasi khas melayu yang banyak dipengaruhi bumbu khas India. Wanginya mengingatkan bumbu makanan India yang banyak bercita rasa kari.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X