Kompas.com - 04/03/2014, 08:46 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com – Badan Pusat Statistik (BPS) dan Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mencatat sebanyak 753.079 wisatawan mancanegara (wisman) berkunjung ke Indonesia selama Januari 2014. Angka tersebut mengalami peningkatan 22,59 persen dibanding pada Januari 2013 sebanyak 614.328 wisman.

“Kenaikan ini salah satunya dipicu oleh hari raya Imlek yang jatuh pada akhir Januari 2014. Kunjungan wisatawan dari Republik Rakyat Tiongkok (RRT), Hongkong, Taiwan, Singapura, dan Malaysia yang ingin menikmati liburan Imlek di Indonesia melonjak tajam,” ujar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Mari Elka Pangestu di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin (3/3/2014).

Faktor lainnya yang mendukung pertumbuhan tersebut adalah semakin membaiknya konektivitas dan aksesibilitas menuju Indonesia. Selama Januari 2014, tercatat dua maskapai penerbangan asing membuka penerbangan langsung ke Indonesia, yakni Jetstar Airways untuk rute Perth - Lombok dan Hainan Airlines untuk rute Beijing – Bali.

Bali tercatat sebagai pintu masuk yang banyak digunakan oleh wisman. Sebanyak 276.685 wisman masuk melalui Bali, meningkat sebesar 21,40 persen dibanding Januari 2013. Disusul Jakarta yang dilalui sebanyak 187.123 wisman, dan Batam sebanyak 119.054 wisman.

Pintu masuk yang mengalami peningkatan paling tinggi adalah Lombok dan Padang. Lombok mengalami peningkatan sebesar 374 persen dengan jumlah 5.105 wisman dan Padang mengalami peningkatan sebesar 138,27 persen dengan jumlah 5497 wisman.

Pertumbuhan ini diharapkan akan terus berlanjut hingga bulan-bulan selanjutnya. “Kemenparekraf optimis bisa mencapai target kunjungan 9,2 hingga 9,5 juta wisman pada tahun ini,” kata Mari.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.