Candi Ratu Boko Akan Menjadi Ikon Wisata Yogyakarta

Kompas.com - 19/05/2014, 16:31 WIB
Pekerja membersihkan rumput di kompleks Candi Ratu Boko, Sleman, DI Yogyakarta, Senin (28/3/2011).  KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKOPekerja membersihkan rumput di kompleks Candi Ratu Boko, Sleman, DI Yogyakarta, Senin (28/3/2011).
EditorI Made Asdhiana
SLEMAN, KOMPAS.com - Candi Ratu Boko di sebelah timur Kota Yogyakarta memiliki keindahan alam yang luar biasa. Letaknya yang berada di dataran tinggi membuat udara di Candi Ratu Boko sejuk, membuat nyaman siapa pun yang berkunjung. Untuk makin menambah minat pengunjung datang ke Candi Ratu Boko, pergelaran sendratari pun digelar.

Menurut Hero Darmawanta, selaku Kepala Pemasaran Dinas Pariwisata DIY bahwa sendratari yang diadakan di Candi Ratu Boko sudah memasuki tahun kedua. Selama ini, publik lebih mengenal sendratari yang ada di Candi Prambanan. Oleh karena itu, pergelaran seni di Candi Ratu Boko mulai digiatkan.

"Kami mencoba mem-branding Candi Ratu Boko agar wisatawan yang datang ke Yogyakarta tak hanya mengenal Candi Prambanan dan Candi Borobudur saja," kata Hero sesaat sebelum pergelaran Sendratari Candi Ratu Boko digelar, Minggu (11/5/2014).

Menurut Hero, Candi Prambanan dan Candi Borobudur saat ini sudah dikenal secara internasional. Sehingga sudah saatnya untuk mengembangkan tempat wisata lain. Terlebih lagi, tahun lalu Dinas Pariwisata DIY mendapat dana keistimewaan (Danais) untuk mengembangkan pariwisata.

"Tahun lalu kami sudah mendapat Danais. Sesuai mandat Sri Sultan, dana tersebut akan digunakan untuk mengembangkan pariwisata dan seniman yang ada di Yogyakarta," jelas Hero.

Ke depannya, Dinas Pariwisata DIY menargetkan ingin mendatangkan lebih banyak wisatawan dan meningkatkan jumlah kunjungan ke Yogyakarta. Tahun ini, kunjungan wisata naik sekitar 16 persen. Bahkan kenaikan tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata kunjungan wisata nasional. (Tiq)

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X