Kompas.com - 12/06/2014, 09:45 WIB
Tarian Simuntu atau tarian Kamuflase menyambut para peserta Tour de Singkarak (TdS) 2014 di Kabupaten Pariaman, Sumatera Barat, Senin (9/6/2014). SENDY ADITYA SAPUTRATarian Simuntu atau tarian Kamuflase menyambut para peserta Tour de Singkarak (TdS) 2014 di Kabupaten Pariaman, Sumatera Barat, Senin (9/6/2014).
EditorI Made Asdhiana
PARIAMAN, KOMPAS.com - Tour de Singkarak 2014 ini memang tampak meriah. Sambutan yang cukup gempita di 18 kabupaten di Sumatera Barat yang akan dilewati oleh 131 atlet dari 23 negara tampak menyuguhkan berbagai hiburan kesenian.

Salah satunya Kabupaten Pariaman, Sumatera Barat, yang menampilkan tarian Simuntu, Senin (9/6/2014). Tarian yang menggambarkan perjuangan rakyat Indonesia pada saat melawan penjajah berkamuflase atau menyamar sebagai pepohonan yang mengering ini tampak unik dan berbeda dengan tari-tarian biasanya.

Tarian yang pada umumnya memakai kain berwarna-warni berhiaskan aksesoris yang menarik, tetapi tarian Simuntu sangatlah berbeda. Dengan menggunakan daun-daun kering dari pohon pisang dan pinang, dengan menggunakan topeng digambar wajah manusia.

SENDY ADITYA SAPUTRA Tarian Simuntu atau tarian Kamuflase menyambut para peserta Tour de Singkarak (TdS) 2014 di Kabupaten Pariaman, Sumatera Barat, Senin (9/6/2014).
"Tari Simuntu ini merupakan tarian tradisional lama yang dikembangkan dari kejadian sejarah dahulu. Mereka memakai pakaian seperti ini untuk menghindar dan menyerang penjajah, menyamar di hutan seperti pepohonan," kata Romli, sang penabuh gendang.

Para penari yang terdiri dari ibu-ibu ini menari dengan semangatnya menyambut peserta balap sepeda Tour De Singkarak 2014. Mereka menari layaknya tengah berperang sambil memainkan senjata-senjata yang terbuat dari pelepah pohon pisang yang dibentuk layaknya senjata. (Sendy Aditya Saputra)



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X