Kompas.com - 17/07/2014, 09:41 WIB
EditorI Made Asdhiana
BALIKPAPAN, KOMPAS.com - Garuda Indonesia memastikan pembukaan rute penerbangan ke Banjarmasin dari Balikpapan, dan dari Balikpapan ke Palangkaraya lanjut ke Pontianak dan Putussibau. "Kami mewujudkan mimpi kami menghubungkan kota-kota utama Kalimantan," kata Joseph Adrian Saul, General Manager Kantor Cabang PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk Cabang Balikpapan, Rabu (16/7/2014).

Balikpapan adalah kota utama Kalimantan Timur, Banjarmasin ibu kota Kalimantan Selatan, Palangkaraya ibu kota Provinsi Kalimantan Tengah, Pontianak di ujung barat ibu kota Kalimantan Barat, dan Putussibau ibu kota Kabupaten Kapuas Hulu, bagian dari Kalimantan Barat, yang berada di jantung Pulau Kalimantan.

Dari Putussibau bertemu perbatasan ketiga provinsi, bahkan negara bagian Sabah dan Sarawak dari Malaysia pun dekat dari kabupaten yang sebagian besar alamnya masih hutan rimba itu.

Menurut Saul, Garuda akan menerbangi rute Balikpapan-Banjarmasin sekali sehari mulai tanggal 23 Juli ini. Untuk rute ke Balikpapan-Palangkaraya-Pontianak-Putussibau mulai 1 September.

Jadwal keberangkatan dari Balikpapan pukul 19.20 Wita dan tiba di Banjarmasin pukul 20.20 dengan pesawat Boeing 737-800 bernomor penerbangan GA 581. Sebaliknya, dari Banjarmasin ke Balikpapan dilayani pesawat jenis yang sama dengan nomor penerbangan GA 580 dan terbang di pagi hari, antara pukul 07.00-08.00 Wita.

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Kapal kelotok di Tanjung Puting.
"Harga tiketnya Rp 583 ribu termasuk seluruh pajak. Jadi penumpang tinggal masuk dan duduk saja di pesawat," sebut Saul. Harga itu disesuaikan dengan kapasitas pesawat yang mencakup 150 penumpang ekonomi dan 12 penumpang eksekutif.

Rute Balikpapan-Palangkaraya-Pontianak-Putussibau, Garuda menggunakan 3 buah pesawat ATR 72-600 sekaligus, yaitu dengan nomor penerbangan GA 5402, GA 5403, dan GA 5404. Pesawat ini berkapasitas 70 tempat duduk yang seluruhnya ekonomi.

"Tiketnya Rp 792.000 untuk Balikpapan-Palangkaraya, atau kalau mau sampai Pontianak Rp 1.292.000. Semua sudah termasuk pajak seperti airport tax," jelas Saul.

Pesawat GA 5402 berangkat dari Balikpapan pukul 10.20 Wita dan tiba di Palangkaraya pukul 10.20 WIB, kemudian melanjutkan ke Pontianak pukul 10.50 untuk tiba pukul 12.15 WIB.

GA 5403 adalah untuk penerbangan sebaliknya, yaitu pukul 15.50 dari Pontianak ke Palangkaraya, dan lanjut pukul 17.45 ke Balikpapan.

ARSIP KEMENPAREKRAF Parade Tatung dalam Festival Cap Go Meh 2014 di Singkawang, Kalimantan Barat, Jumat (14/2/2014).
Bagi penumpang yang ingin terus ke Putussibau, dari Bandara Supadio di Pontianak bisa terbang dengan GA 5404 pukul 12.45 dan tiba pukul 13.45.

Saul menjelaskan, pembukaan rute ini untuk melayani masyarakat, terutama mereka yang memiliki bisnis di kota-kota tersebut, termasuk juga perjalanan dinas dan wisata.

"Kami ingin turut berperan dalam peningkatan pendapatan dan mempercepat roda bisnis di pulau besar ini," tambah Saul.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Antara


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.