Kompas.com - 16/08/2014, 16:25 WIB
EditorI Made Asdhiana
YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Keberadaan media online hendaknya menjadi alternatif mempromosikan desa wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta. "Pengelola desa wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta harus berani melangkah maju dengan memanfaatkan media online untuk mempromosikan desa yang dikelolanya agar dikenal wisatawan mancanegara maupun nusantara," kata Ketua Yayasan Widya Budaya Yogyakarta, Widi Utaminingsih di Yogyakarta, Jumat (15/8/2014).

Menurut Widi, upaya mempromosikan desa wisata melalui media online akan memiliki dampak luas karena bisa diakses dari mana saja.

Upaya promosi desa wisata di DIY yang memanfaatkan teknologi informasi itu, biayanya cukup murah, sehingga bisa terjangkau para pengelola desa wisata. "Promosi melalui media online diharapkan dapat mengenalkan potensi pariwisata yang dimiliki desa wisata. Selain biayanya murah, dampak yang dihasilkan juga sangat besar," kata Widi.  

Sejumlah pengelola desa wisata di DIY, lanjut Widi, memang sudah berupaya mempromosikan potensi obyek wisata di desanya melalui media online, dengan harapan agar desa wisata mereka banyak dikunjungi wisatawan. Namun belum semua desa wisata melakukan hal tersebut.

KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO Wisatawan mencoba menggunakan alat ani-ani untuk memanen padi di Desa Tamanagung, Muntilan, Magelang, Jawa Tengah, beberapa waktu lalu.
Widi memaparkan, pertimbangan melakukan promosi wisata melalui media online karena wisatawan perlu memperoleh informasi tentang obyek wisata yang akurat dan benar. "Apalagi dalam masyarakat maju media online sudah menjadi suatu kebutuhan," katanya.

Promosi desa wisata akan berjalan efektif jika didukung informasi yang benar dan sehat melalui berbagai media informasi, termasuk media online. "Meskipun sejumlah desa wisata di DIY sudah banyak dikenal wisatawan, promosi lewat media online tetap diperlukan," tambah Widi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.