Kompas.com - 20/10/2014, 10:17 WIB
|
EditorI Made Asdhiana
JAKARTA, KOMPAS.com - Bulgaria terkenal sebagai negara mawar. Tak heran, 70 persen produksi minyak mawar di dunia berasal dari negara yang bertetangga dengan Turki ini. Bulgaria pun dijuluki sebagai Land of Roses.

"Harga minyak mawar yang kami produksi juga sangat tinggi, bahkan sepertinya lebih mahal daripada kopi luwak dari Indonesia. Jenis mawar yang ditanam merupakan jenis spesifik," ungkap Katina Novkova dari Kedutaan Besar Bulgaria di Jakarta, saat ditemui di pameran wisata dan budaya "Destination Europe", di Balai Kartini, Jakarta, Minggu (19/10/2014).

Dia memaparkan, beberapa biro perjalanan wisata di Bulgaria memang menjual paket wisata mawar. Jadi, turis diajak ke daerah Kazanluk yang merupakan area perkebunan mawar. Kazanluk bisa ditempuh dengan bus, mobil, maupun kereta dari Sofia, Ibu Kota Bulgaria, dengan lama perjalanan 2 sampai 3 jam.

"Ada festival mawar di musim semi. Di festival ini, penuh tarian tradisional dan bisa lihat ritual pemetikan bunga," ungkap Katina.

Di daerah Kazanluk juga tersedia hotel untuk turis yang ingin bermalam di area ini. Menurut Katina, Bulgaria menawarkan beragam destinasi yang menarik mulai dari wisata sejarah karena penuh dengan monumen tua dari berbagai era, salah satunya era Bizantium.

"Untuk orang Indonesia yang pertama kali ke Bulgaria, saya sarankan ke Sofia untuk berbagai museum, monumen tua. Sofia sendiri merupakan kota tua," tutur Katina.

Setelah Sofia, ia rekomendasikan pula ke Vitosha, daerah pegunungan yang berjarak sekitar 30 menit dari Sofia. Di sini, turis bisa menikmati pemandangan alam. "Lalu bisa ke Plovdiv, ini juga kota tua, di sini bisa lihat bangunan berarsitektur tradisional Bulgaria. Juga mencoba kuliner khas Bulgaria," katanya.

Menurut Katina, dari Indonesia ke Bulgaria bisa dicapai dengan pesawat terbang melalui Turki. Jadi, dari Istanbul (ibu kota Turki), perjalanan bisa dilanjutkan dengan pesawat terbang atau bus ke Sofia. "Bus lamanya sekitar lima jam. Kalau pesawat terbang, bisa naik Bulgaria Air," katanya.

Sedangkan untuk penginapan, lanjut Katina, ada beragam pilihan. Mulai dari budget dengan harga 30 dollar hingga ratusan dollar AS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.