Kompas.com - 14/03/2015, 12:18 WIB
Pantai Parai, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung. KOMPAS/AGUS MULYADIPantai Parai, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung.
|
EditorI Made Asdhiana

TANJUNG PANDAN, KOMPAS.com — Provinsi Bangka Belitung belum memiliki bandara internasional. Oleh karena itu, Gubernur Provinsi Bangka Belitung Rustam Effendi berharap adanya bandara internasional di provinsi ini.

"Untuk percepatan pertumbuhan pariwisata, perlu menjadikan bandara internasional di Belitung," ungkapnya saat acara Dialog Pembangunan yang digelar Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung, di Tanjung Pandan, Belitung, Sabtu (14/3/2015).

Ia yakin, adanya bandara internasional akan mampu menarik wisatawan mancanegara, terutama dari negara tetangga, seperti Singapura dan Malaysia.

Selain itu, lanjut Rustam Effendi, Belitung juga memerlukan pelabuhan wisata serta depo avtur di untuk memudahkan penerbangan yang melintasi kawasan ini.

Masalah lainnya, ungkap Rustam, adalah sumber energi. "Di Babel, mati listrik bisa sampai lima kali," katanya.

Padahal, kata Rustam, ada banyak sumber energi yang bisa diolah, seperti tenaga surya dan angin.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Pariwisata Arief Yahya menuturkan, di Belitung, ada empat hotel yang bahkan tidak bisa beroperasi karena masalah listrik. "Ada yang hanya beroperasi 50 persen," katanya.

Menko Bidang Kemaritiman Dwisuryo Indroyono Soesilo menjanjikan, untuk masalah listrik, akan ada uji coba penambahan daya listrik oleh PLN hari ini. "Jika berhasil, Belitung mendapatkan tambahan 32 megawatt," tuturnya.

Bila uji coba berhasil, tambah Indroyono, perlu masa percobaan selama dua bulan. Setelah siap dan benar-benar berhasil, hal tersebut bisa terus beroperasi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.