Pulau Menjangan, Sekeping Surga di Pulau Bali

Kompas.com - 26/04/2015, 09:12 WIB
Pulau Menjangan di Taman Nasional Bali Barat, Kabupaten Jembrana, Bali. BARRY KUSUMAPulau Menjangan di Taman Nasional Bali Barat, Kabupaten Jembrana, Bali.
EditorI Made Asdhiana
KALAU ditanya tempat terindah dan yang ingin terus saya datangi di Bali, jawabannya adalah Taman Nasional Bali Barat dan Pulau Menjangan. Kenapa tempat ini begitu spesial bagi saya? Karena di sini lah alam Bali masih terjaga dengan baik dan saya jatuh hati dengan keindahan bawah lautnya.

Dengan hamparan pantai berpasir putih dan taman bawah laut beraneka warna, Pulau Menjangan adalah keindahan sebenarnya bawah laut Bali bagian Barat. Terletak 10 km di lepas pantai barat laut Bali, pulau kecil Menjangan merupakan bagian dari Taman Nasional Bali Barat.

Untuk menuju Pulau Menjangan tidak sulit, kita cukup pakai mobil dari Denpasar ke Gilimanuk selama 3 jam atau melalui Bali bagian tengah melewati Danau Batur dan Kintamani. Kebetulan saya ke sini bareng teman-teman media dan travel blogger dari Jakarta dalam rangka undangan Daihatsu New Terios untuk mengangkat keindahan Pulau Menjangan.

BARRY KUSUMA Pulau Menjangan di Taman Nasional Bali Barat.
Selama 3-4 jam perjalanan darat tidak terasa membosankan karena sepanjang jalan kita bisa menikmati keindahan danau dan sawah yang banyak kita bisa nikmati menuju ke Taman Nasional Bali Barat. Kata ‘menjangan’ dalam bahasa Jawa berarti ‘kijang’. Penamaan pulau cantik ini didasarkan pada keberadaan kawanan rusa liar yang berenang ke pulau itu menempuh jarak sejauh 1,2 mil setiap musim semi.

Di pulau tak berpenghuni ini, saat ini memang menjangan memang banyak terlihat
tapi populasinya kian menurun. Untuk itulah pemerintah melakukan usaha konservasi dengan menjadikannya sebagai Taman Nasional Bali Barat untuk melindungi habitat menjangan dari kepunahan dan tentunya untuk menjaga kelestarian alam serta keanekaragaman hayati Pulau Menjangan dan sekitarnya.

Kebetulan saya menginap di Menjangan Resort, salah satu resort terbaik dan ternyaman di kawasan Taman Nasional Bali Barat. Pada saat menginap di sini saya masih melihat menjangan melewati jalan berbatu dan mereka berada cukup dekat dari kawasan penduduk. Dan yang membuat saya suka adalah menemukan ular phyton sebesar paha saya di tepi jalan di dalam kawasan Taman Nasional Bali Barat.

BARRY KUSUMA Pulau Menjangan di Taman Nasional Bali Barat.
Sementara pagi harinya saya terbangun oleh bunyi kicauan burung burung yang terdapat di kawasan Taman Nasional ini. Sungguh pengalaman ini merupakan momen terbaik saya ketika mengunjungi Bali.

Bali memang merupakan surga wisata, karena semua ada di sini. Jika ingin menyepi dan ingin menikmati daerah pegunungan bisa ke Ubud, untuk menikmati hingar bingar pesta, maka Kuta, Legian, Seminyak lah tempatnya. Ada juga Taman Safari dan Bali Bird Park yang punya banyak spesies satwa langka.

Namun dari itu semua tetap tempat favorit saya adalah Pulau Menjangan dan Taman Nasional Bali Barat. Di sini kita bisa menemui banyak satwa langka yang masih dijaga dengan baik. Bagi pencinta satwa liar di sini lah kita bisa banyak melihat dan bird watching. Karena keindahan alam Taman Nasional Bali Barat inilah Bali dikenal dengan sebutan 'Pulau Dewata', 'Pulau Seribu Pura', atau 'Pulau Surga'.

BARRY KUSUMA Pulau Menjangan di Taman Nasional Bali Barat.
Keindahan alam luar biasa, seperti gunung berapi yang tampak dekat dan besar, sawahnya yang menghampar hijau memberikan rasa damai dan ketenangan, serta butiran pasir dan keindahan lautnya yang mengagumkan. Rasakan oleh Anda angin sepoi-sepoi dan awan berarak-arak di langit seolah menjadi persembahan keindahan alam yang tiada habisnya.

Halaman:


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X