Kompas.com - 15/06/2015, 18:26 WIB
Tezaru Soba dari Sagami Soba, soba dingin yang disajikan bersama tempura. KOMPAS.COM/MENTARI CHAIRUNISATezaru Soba dari Sagami Soba, soba dingin yang disajikan bersama tempura.
|
EditorI Made Asdhiana
JAKARTA, KOMPAS.com - Mi biasanya disajikan dengan cara digoreng atau bersama kuah panas yang menggugah selera. Tapi pernahkan Anda menyantap mi dengan kuah dingin seperti air es?

Meskipun bukan menjadi hal baru, cara menyantap mi seperti ini lumrah disajikan di Jepang, khususnya untuk soba. Soba merupakan mi khas Jepang yang terbuat dari buckwheat, sejenis gandum yang memiliki kandungan asam amino dan flavonoids yang tinggi.

Untuk merasakan sensasi menyantap mi dingin ini, tak perlu jauh-jauh melancong ke Jepang. Sebab, cukup banyak restoran Jepang di Indonesia yang menyajikan soba dingin, salah satunya Sagami Soba.

Penasaran dengan sensasi soba dingin ini, KompasTravel memesan Tenzaru di Sagami Soba. Tak lama, seporsi Tenzaru hadir dengan sepiring soba dingin, saus zaru dingin, dan juga tempura. Tidak seperti mi kuah pada umumnya, soba dingin dan kuahnya memang disajikan terpisah. Cara makannya, soba dingin dicelupkan dalam kuah zaru baru setelahnya bisa untuk dilahap.

KOMPAS.COM/MENTARI CHAIRUNISA Chicken Tebasaki, sayap ayam goreng dengan rasa asin ditambah dengan taburan wijen di atasnya ala Sagami Soba.
Sensasi dingin langsung terasa ketika melahap soba ini. Meskipun sedikit kikuk memakannya, namun rasa soba dingin tak kalah enak dari mi kuah yang biasa disajikan panas. Rasa soba yang cenderung hambar terasa lezat bila disantap dengan saus zaru. Saus zaru merupakan saus serupa kecap asin yang terbuat dari kaldu ikan dan terasa asin. Jika suka, Anda bisa menambahkan wasabi serta daun bawang pada kuah zaru untuk menambah rasa.

Selain zaru (soba dingin), tersedia juga kake (soba panas) yang juga menjadi favorit para pengunjung. Kake yang disajikan ada dua macam, yakni dengan kuah kaldu biasa atau dengan kuah kaldu super pedas yang siap membuat Anda mandi keringat dibuatnya.

“Itu pedasnya maksimal, tapi kalau mau dikurangin (tingkat kepedasannya) boleh kok,” ujar salah satu pegawai Sagami Udon.

Jangan lupa juga untuk cicipi Chicken Tebasaki. Makanan pendamping berupa sayap ayam goreng ini menjadi salah satu menu favorit di Sagami Udon. Chicken Tebasaki memberikan rasa asin ditiap gigitannya namun terasa nikmat berpadu dengan taburan wijen di atasnya.

KOMPAS.COM/MENTARI CHAIRUNISA Soba, mi sehat dari Jepang yang dipercaya dapat melancarkan peredaran darah, rendah kalori, anti kolesterol, dan anti-aging.
Tidak ingin memakan mi? Tersedia menu-menu lain seperti donburi, kari, dan juga sushi. Bagi yang kurang suka udon, Sagami Soba juga menawarkan jenis mi lain, yakni udon dan ume. Ume merupakan mi yang dicampur dengan buah plum sehingga menghasilkan rasa yang sedikit asam.

Untuk keaslian rasa, Sagami Soba menjamin rasa yang ditawarkan tiap masakan asli seperti yang dihidangkan di Negeri Sakura. Sebab, sebagian besar bahan-bahan masih diimpor langsung dari Jepang.

“Mi soba 100 persen dari Jepang, dibawa dalam bentuk tepung baru diracik di sini. Kalau bahan lain seperti udang dan sayuran itu lokal,” ungkap CEO Sagami Group, Toshiyuki Kamada, Sabtu (30/5/2015) lalu.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.