Kompas.com - 02/08/2015, 11:22 WIB
Para pegawai restoran KM Binaiya milik PT Pelni sedang berjaga saat perjalanan KOMPAS.com/Wahyu Adityo ProdjoPara pegawai restoran KM Binaiya milik PT Pelni sedang berjaga saat perjalanan "Let's Go Karimun Jawa", Sabtu (18/7/2015).
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com – Untuk meningkatkan pelayanan dalam wisata bahari, PT Pelni melakukan persiapan dalam setahun terakhir. Salah satu aspek penting yang ditingkatkan dalam pelayanan wisata bahari yaitu peningkatan kualitas sumber daya manusia para kru kapal.

“Untuk kesiapan sumber daya manusia, kita telah melakukan beberapa training setahun ke belakang. Contohnya adalah pelatihan hospitality kepada kru kapal,” kata Direktur Utama PT Pelni, Elfien Goentoro kepada wartawan usai Penandatanganan Nota Kesepahaman antara Kementerian Pariwisata dan PT Pelni di Kapal Motor (KM) Kelud, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Jumat (31/7/2015).

Bentuk pelatihan yang telah dilaksanakan, Elfien mengaku telah mengirim sebanyak dua tim kru kapal untuk ikut dalam perjalanan kapal cruise dari Singapura. Untuk pelatihan selanjutnya, Elfien mengatakan akan menambahkan tim yang berasal dari bagian pelayanan operasional kapal atau kapten kapal.

“Diharapkan setelah mengikuti pelatihan tersebut, mereka dapat melihat pelayanan di cruise yang sudah besar seperti yang ada di Singapura,” kata Elfien.

Para kru saat ini bukan hanya sekadar berperan sebagai anak buah kapal. Namun, lanjut dia, kru kapal adalah bagian dari pelayanan untuk membantu menyukseskan pariwisata di kapal.

Seperti diberitakan sebelumnya, dalam rangka pengembangan kepariwisataan nasional, Kementerian Pariwisata dan PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) melakukan kerja sama yang dituangkan dalam bentuk Penandatangan Nota Kesepahaman. Kerja sama tersebut dilandasi oleh potensi wisata bahari dan kebutuhan yang dapat dipenuhi oleh kedua pihak. Kerja sama itu diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.