Kompas.com - 07/08/2015, 19:07 WIB
Gua Reed Flute di Guilin, Tiongkok, merupakan gua bawah tanah dengan danau jernih seperti cermin www.bestourism.comGua Reed Flute di Guilin, Tiongkok, merupakan gua bawah tanah dengan danau jernih seperti cermin
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F

KOMPAS.com — Meskipun identik dengan gelap, tetapi goa yang satu ini memancarkan beragam cahaya warna-warni yang menakjubkan. Berada di kedalaman 240 meter di bawah permukaan tanah, Reed Flute menjadi salah satu obyek wisata andalan di Provinsi Guilin, Tiongkok.

Perpaduan warna yang spektakuler antara biru, merah, hijau, dan aneka warna lainnya membuat setiap pasang mata yang melihat pasti terkagum. Seorang fotografer asal Amerika, Scott Graham, pun tertarik menjelajahi goa ini saat melakukan perjalanan ke Tiongkok setelah mengetahui daya tarik yang ditawarkan Goa Reed Flute.

“Pemandu lokal mengatakan jangan sampai melewatkan Goa Reed Flute dan dia benar, ini spektakuler!” kata Graham.

SHUTTERSTOCK Gua Reed Flute di Guilin, Tiongkok.

Menurut Graham, Goa Reed Flute memiliki langit-langit yang tinggi serta stalaktit dan stalagmit yang berusia jutaan tahun. 


“Mereka bekerja dengan baik untuk pencahayaan goa dengan warna yang berbeda-beda dan membuat tempat ini sangat memanjakan mata,” lanjut Graham.

Meskipun telah mengunjungi beragam goa, menurut Graham, Reed Flute menjadi goa yang paling spektakuler dengan danau bawah tanah yang tenang dan jernih laksana cermin.

SHUTTERSTOCK Gua Reed Flute di Guilin, Tiongkok.

Dalam sebuah prasasti yang ada di dinding goa tertulis bahwa Goa Reed Flute berhasil menyedot perhatian pengunjung sejak 1.200 tahun lalu dengan menawarkan keindahan batuan kapur yang berusia sekitar 180 juta tahun. Prasasti tersebut diketahui berada sejak zaman Dinasti Tang pada tahun 792 Masehi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Tempat ini menunjukkan ternyata begitu banyak keindahan yang terdapat di bawah tanah. Alam benar-benar sangat menakjubkan,” tutup Graham.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.