Kompas.com - 23/08/2015, 12:03 WIB
|
EditorI Made Asdhiana
PONTIANAK, KOMPAS.com - Masyarakat Pontianak terlihat asyik berfoto dengan mobil hias yang berjejer di depan rumah Radakng, rumah adat khas Kalimantan Barat yang menjadi salah satu simbol di kota Pontianak.

Sejak pukul setengah enam pagi, sekitar 70 mobil hias dari beberapa lembaga organisasi serta provinsi Indonesia telah terparkir rapi, lengkap dengan atribut hias berbagai bentuk.

Mobil hias ini sengaja disiapkan sebagai rangkaian acara 'Karnaval Katulistiwa' yang digelar di Pontianak, Kalimantan Barat, Sabtu (22/8/2015), guna merayakan puncak Ulang Tahun Ke-70 Kemerdekaan RI. Uniknya mobil-mobil ini dihias sedemikian rupa menyesuaikan daerah khas masing-maaing kota atau lambang dari lembaga yang membawakan.

Contohnya mobil dari Dinas Peternakan, Perikanan, dan Kehutanan Pontianak, hiasan mobilnya terdiri dari hiasan sapi berukuran asli  terbuat dari gabus,  badan mobil berbentuk kapal, dan hiasan tananaman asli seperti cabai, anggrek, serta hasil-hasil bumi seperti singkong, ubi, pisang dan lainnya.

KOMPAS.COM/SILVITA AGMASARI Peserta Karnaval Khatulistiwa di Pontianak, Kalimantan Barat, Sabtu (22/8/2015).
Edi, selaku penanggung jawab mobil hias Dinas Peternakan, Perikanan, dan Kehutanan Pontianak mengatakan bahwa mobil hias ini telah dipersiapkan sejak satu minggu sebelumnya. Hiasan yang dipilih melambangkan lembaga itu sendiri.

Ada pula mobil hias dari Provinsi Jambi yang mengambil tema kapal Kajang Lako, yakni kapal yang biasa digunakan oleh Raja Jambi mengarungi sungai Batang Hari. Khusus untuk Karnaval Khatulistiwa ini, Gubernur Jambi hadir bersama 54 staf berkeliling dengan mobil hias yang telah disiapkan selama dua hari penuh.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.