Kompas.com - 20/09/2015, 10:04 WIB
|
EditorI Made Asdhiana
RAYONG, KOMPAS.com - Makan durian sepuasnya? Tawaran menggiurkan itu muncul jika Anda tengah pelesiran di Thailand. Di sisi timur Thailand, tepatnya di Provinsi Rayong, wisatawan diajak menikmatin durian sepuasnya.

Uniknya, obyek wisata ini tergolong tak lazim bagi wisatawan asing. Namanya adalah Suan La Mai atau Kebun La Mai. Menurut Thip Thepthewi dari Trikaya, biro perjalanan wisata berbasis di Bangkok, bisa dibilang hampir tidak ada travel agent yang membawa wisatawan asing ke tempat ini. Paling hanya ada turis asing yang datang secara independen.

"Selama ini yang datang paling hanya turis lokal, yah wisatawan domestik," kata Thip.

KOMPAS.COM/NI LUH MADE PERTIWI F Menikmati aneka makanan yang bisa dinikmati sepuasnya di Provinsi Rayong, Thailand.
Namun, kawasan Rayong yang memang provinsi dipenuhi perkebunan aneka buah, hingga karet, tengah mempercantik diri untuk menerima kedatangan turis asing. Salah satu kebun yang siap, menurut Thip, adalah Suan La Mai.

Jika, makan durian sepuasnya kurang menggiurkan bagi Anda, bagaimana dengan makan sepuasnya aneka buah yang tengah musim termasuk durian? Belum puas juga? Tambahan lagi bisa menikmati aneka camilan dan hidangan khas Thailand sepuasnya.

KOMPAS.COM/NI LUH MADE PERTIWI F Es goyang di Provinsi Rayong, Thailand.
Ya, hanya dengan 400 bath per orang, wisatawan yang berkunjung dapat menikmati berbagai hidangan. Pertama-tama, wisatawan yang datang diterima di area parkir untuk selanjutnya naik ke kereta untuk berkeliling kebun.

Di sepanjang perjalanan, panorama hijau dan danau memanjakan mata. Kebun hijau dan pepohonan mangga merajai pandangan. Lalu sampailah di perhentian pertama. Di sini, pengunjung diajak menikmati aneka camilan khas Thailand ditemani teh dari bunga rosella yang menyegarkan.

Di cuaca panas, cocok menikmati es goyang yang terbuat dari minuman soda. Tetapi, jangan lupa mencicipi aneka kue manis, misalnya Ba Bin atau sejenis panekuk dari kelapa dan campuran ketan hitam.

Lalu, coba juga puding ala Thai yang mirip kue apem yaitu Kanom Gluayugau yang terbuat dari pisang atau Ka Nom Tarn yang terbuat dari palm fruit. Nah, wajib coba kue favorit banyak orang yaitu Ka Nom Krok, sejenis puding dari santan yang ditaburi dengan ubi dan jagung manis.

KOMPAS.COM/NI LUH MADE PERTIWI F Coconut pancake di Provinsi Rayong, Thailand.
Jangan kalap saat memakannya, sebab ada pemberhentian kedua. Di tempat kedua adalah kegiatan makan yang ditunggu-tunggu, yaitu makan durian monthong sepuasnya. Daging durian monthong begitu tebal, legit, dan bertekstur lembut. Sambil menikmati durian, pengunjung bisa melihat pegawai membuat dodol durian.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.