Kompas.com - 27/10/2015, 07:16 WIB
Kasuami gunung bersama ikan bakar dan sambal colo-colo merupakan kuliner khas Buton, Sulawesi Tenggara. KOMPAS.COM/DEFRIATNO NEKEKasuami gunung bersama ikan bakar dan sambal colo-colo merupakan kuliner khas Buton, Sulawesi Tenggara.
|
EditorI Made Asdhiana
BAU-BAU, KOMPAS.com - Bagi Anda yang melakukan perjalanan ke Kota Baubau jangan lupa mencicipi masakan khas masyarakat Buton yakni kasuami. Kasuami ini mempunyai bentuk dan cita rasa yang berbeda dari makanan khas lainnya.

Makanan khas kasuami sangat mudah di jumpai di Kota Baubau atau di daerah lainnya di Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara.

Menurut seorang penjual Kasuami, Hasni (46) di Stadion Pasar Puja Serata, Kecamatan Murhum Kota Baubau, bentuk kasuami berbeda-beda.

“Kasuami ini bentuknya berbeda-beda. Ada kasuami gunung, kasuami pepe, dan juga kasuami hitam. Semuanya dibentuk dari bahan ubi kayu,” kata Hasni, Jumat (22/10/2015).

Pengolahan kasuami sangat mudah. Pertama, ubi kayu diparut hingga halus. Setelah halus dimasukkan ke dalam wadah kantung plastik atau karung yang bersih. Kemudian ditekan dengan alat berat untuk mengeluarkan airnya.

“Nanti dibiarkan mengering hingga semalam. Biasanya kalau banyak airnya masih kecut, tapi kalau kering benar rasanya manis,” ujarnya.

Untuk membentuk kasuami gunung, caranya singkong yang telah halus tadi dimasukkan ke dalam wadah anyaman dari daun kelapa berbentuk kerucut kemudian dikukus. Setelah matang baru disajikan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kasuami pepe dibuat dengan menggunakan minyak kelapa dan bawang goreng, sehingga baunya lebih wangi.

Sementara kasuami hitam, dibuat dari singkong yang dikeringkan di sinar matahari hingga menghitam.

Setelah kering, singkong tersebut diiris tipis-tipis, kemudian dicuci dan dimasukkan ke dalam wadah anyaman tersebut dan dikukus.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.