Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gaya Pak Raden Mendongeng Selalu Spontan

Kompas.com - 31/10/2015, 19:02 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebelum dikabarkan tutup usia, Drs Suyadi atau akrab dikenal dengan sapaan Pak Raden dijadwalkan akan membawakan dongeng pada Festival Dongeng Internasional Indonesia 2015 pada pukul 09.00-10.00 WIB di Museum Nasional, Minggu (1/11/2015). Pihak panitia mengaku tak mengetahui cerita apa yang sejatinya akan dibawakan Pak Raden untuk para pengunjung acara festival.

"Kita tidak ada yang tahu Pak Raden mau dongeng apa. Biasanya terserah Pak Raden mau dongeng apa aja," kata Communications & Media Relations Festival Dongeng International Indonesia 2015, Nina Masidi saat dihubungi KompasTravel di Jakarta, Sabtu (31/10/2015).

Nina menuturkan pihak Festival Dongeng International Indonesia 2015 tidak memberikan tema pada para pendongeng yang ikut meramaikan festival. Biasanya, menurut dia, Pak Raden dalam sesi mendongeng selalu spontan untuk bercerita kepada anak-anak.

"Pak Raden biasanya mendongeng pakai boneka atau sketsa. Dia buat gambar di papan tulis misalnya monyet lalu dia mendongeng," ujarnya.

Sebagai gantinya, di jadwal mendongeng Pak Raden, pihak panitia akan mengadakan acara mengenang Pak Raden. Panitia, lanjut dia, akan memutarkan video-video Pak Raden ketika mendongeng.

"Kita besok putarkan video-video Pak Raden sedang mendongeng, acara Boneka Si Unyil. Ya besok juga sekaligus kasih penghargaan atas kontribusi Beliau di dunia dongeng," lanjutnya.

Pada acara Festival Dongeng Internasional Indonesia 2015, sejumlah pendongeng dijadwalkan mengisi acara dongeng pada esok hari Minggu (1/11/2015) seperti Legenda Pendongeng Indonesia Pak Raden, Kak Aio, Jeeva Raghunath (India), Sheila Wee (Singapura), Ng Ko Keong (Malaysia), Nanang HP, Winson The Storyteller Family, Winnie & Winna Puppetaria, dan Rona Mentari.

Pengunjung yang datang ke acara Festival Dongeng Internasional Indonesia 2015 tidak dikenakan biaya masuk. Pengunjung hanya cukup membayar tiket masuk Museum Nasional sebesar Rp 5.000.

Tokoh kenamaan dalam serial boneka Si Unyil, drs Suyadi atau lebih dikenal dengan Pak Raden meninggal dunia dalam usia 82 tahun di Rumah Sakit Pelni, Petamburan, Jakarta Barat, Jumat (30/10/2015) pukul 22.20 WIB. Pria yang dikenal dengan belangkon dan kumis lebatnya itu mengalami infeksi pada paru kanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com