Kompas.com - 28/12/2015, 11:16 WIB
|
EditorI Made Asdhiana
BAUBAU, KOMPAS.com - Angin sepoi-sepoi menerpa dahan pepohonan, dedaunan pun bergerak menari dengan indahnya. Suara gesekan antar dahan pohon terdengar di tengah keheningan alam di siang hari.

Suara ombak menerjang batu kerikil dan batu karang memecah keheningan. Muara pertemuan sungai kecil dan lautan menambah keindahan eksotis pantai Kokalukuna, Kelurahan Lakologau, Kecamatan Kokalukuna, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara.

Pantai Kokalukuna ini ibarat pantai tersembunyi, karena pantai ini dikelilingi tebing batu karang yang berdiri kokoh. Satu-satunya akses menuju pantai tersebut dengan melewati jalan setapak sepanjang 500 meter.

"Kalau menuju pantai ini harus lewati kebun milik orang lain. Ada jalan setapak di situ sampai ke pantai," kata Wa Daha (51), warga Kelurahan Lakologau, Kecamatan Kokalukuna, Sabtu (26/12/2015).

Belum banyak yang mengetahui keberadaan pantai ini, karena selain tempatnya yang tersembunyi, juga akses jalan masuk pun tidak ada.

Menurut Wa Daha, pantai ini hanya sering dijadikan tempat berpacaran. "Pantai ini kayak tersembunyi, sehingga ada yang datang pacaran di pantai ini. Warga sini sering lihat ada yang datang cuma berdua atau empat orang. Kalau datang ramai-ramai belum ada," ujarnya.

Pantai Kokalukuna merupakan muara pertemuan air laut dan air sungai kecil. Selain itu, terdapat beberapa bongkahan batu karang yang tegak menambah keindahan pantai ini. "Pantai ini bagus, masih alami dan belum dikelola. Pantainya kotor karena dahan pohon saja, bukan dari plastik," ucap Wa Daha.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.