Kompas.com - 03/01/2016, 11:43 WIB
EditorI Made Asdhiana
DENPASAR, KOMPAS.com - Wisatawan mancanegara (wisman) banyak menyeberang ke Nusa Lembongan, Kabupaten Klungkung untuk menghabiskan masa liburan dan menikmati beragam panorama alam di Pulau Bali.

"Kalau musim ramai (high season) seperti akhir tahun atau antara Mei, Juni, Juli hingga Agustus, turis asing bisa lebih dari seribu orang berkunjung ke Nusa Lembongan setiap harinya," kata Made Sutirta, salah seorang nelayan pariwisata di kawasan Sanur, Sabtu (2/1/2016).

Keindahan Nusa Lembongan, menurut Sutirta, memang sangat luar biasa. Pengunjung bisa menikmati "Dream Beach", pantai yang pasirnya putih dan sangat lembut. Panjang pantai seluruh wilayah Nusa Lembongan mencapai sekitar 4,6 km.

Destinasi yang difavoritkan pengunjung adalah wisata mangrove. Pengunjung akan diajak menaiki perahu dan diajak mengelilingi hutan mangrove. Biaya wisata ini adalah Rp 50.000 per orang.

"Pilihan wisata lain adalah menelusuri goa alam atau buatan yang dikenal dengan nama Goa Gala. Bisa menikmati sensasi terjun dari ketinggian tebing tinggi menuju laut lepas. Atau mendaki bukit untuk menunggu matahari terbenam, snorkeling serta berkeliling ke perkampungan penduduk," katanya.

TRIBUN BALI/AYU DESSY WULANSARI Sea Walker di Equator Beach Club, Nusa Lembongan, Klungkung, Bali.
Keberagaman wisata di Nusa Lembongan, lanjut Sutirta, membuat obyek ini belakangan diincar turis untuk bersantai. Makanya setiap musim liburan, turis beramai-ramai menyeberang dari Sanur menuju Nusa Lembongan.

Kalau orang lokal, biaya menyerang antara Rp 65.000 - Rp 75.000. Turis asing bisa mencapai Rp 300.000 per orang untuk sekali jalan. Waktu penyeberangan sekitar 1,5 jam.

"Dahulu tahun 1990-an, boat yang menyeberang ke Nusa Lembongan hanya satu kali dalam sehari dan itu juga hanya ada pada sore hari. Sekarang dari pagi sampai sore, lebih dari 20 kali boat yang berangkat dari Sanur ke Nusa Lembongan," ujarnya.

Kapasitas boat itu bermacam-macam. Boat kecil bisa berkapasitas 30 orang. Boat menengah kapasitas 50 orang, sedang boat besar bisa menampung penumpang sampai 80 wisatawan.

Sesampai di Nusa Lembongan, wisatawan biasanya memutuskan untuk menginap agar lebih lama menikmati masa berlibur di Nusa Lembongan. Keindahan alam dan jauh dari hiruk-pikuk, membuat wisatawan betah menghabiskan waktu di Nusa Lembongan.

"Kalau mau menginap, ada yang kelas home stay di rumah penduduk dengan tarif Rp 200 ribu per malam. Namun ada juga kelas hotel berbintang dengan tarif sampai Rp 6,5 juta sampai Rp 7 juta per malam. Harga ini memang fantastis karena sedang high season seperti sekarang," ujar Sutirta.

TRIBUN BALI/AYU DESSY WULANSARI Sea Scooter di Equator Beach Club, Nusa Lembongan, Klungkung, Bali.
Pesatnya perkembangan pariwisata di Nusa Lembongan belakangan ini, membuat harga tanah naik berkali-kali lipat. Meski demikian, masih ada penduduk yang bertahan tidak melepas lahan dan tetap menjalankan profesi sebagai petani rumput laut.

"Sekitar 1990-an, harga tanah Rp 1 juta-Rp 2 juta per are. Sekarang kisarannya harga tanah mencapai Rp 700 juta-Rp 1 miliar per arenya. Sudah menyamai harga tanah di Bali daratan," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Antara


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.