Kompas.com - 18/01/2016, 09:34 WIB
EditorI Made Asdhiana
PUKUL 05.10, ketika langit Seoul masih gelap, kami berlari menuju pintu bus, menyelamatkan diri dari angin awal musim dingin Korea. Kami membayangkan tiga jam lebih perjalanan menuju Gangneung, kota di Provinsi Gangwon, pesisir di arah timur laut daratan Korea.

Kami akan pergi ke timur melewati Provinsi Donghae, mendaki dataran tinggi yang menjadi bagian dari Pegunungan Taebaeksan dan Charyeongsan di Gangwon. Di antara putihnya salju dataran tinggi Gangwon, reklame promosi kota Pyeongchang berbagi kabar Olimpiade Musim Dingin pada 2018 mendatang.

Musim dingin di Gangwon memang indah. Pepohonan yang mengering memutih berpadu dengan puncak bersalju di kejauhan. Para atlet Olimpiade Musim Dingin 2018 pastilah bakal menikmati keindahan pemandangan Pyeongchang, kota tuan rumah yang diapit Pegunungan Taebaeksan dan Charyeongsan itu.

Kami tak sabar menunggu kesempatan mengintip ”rahasia dapur” pembuatan serial drama Korea terbaru, Saimdang, The Her Story. Demi mempromosikan saluran khusus drama Koreanya di Asia Tenggara, Oh!K Channel mengajak jurnalis dari sejumlah negara melihat pengambilan gambar serial tersebut.

Saimdang, Sang Guru

Saimdang, The Her Story memang memancing penasaran. Pertama, drama serial itu bakal menjadi penanda kembalinya Lee Young-ae, si koki cantik istana Jang Geum yang membuat dunia tergila-gila serial Jewel in the Palace. Kedua, serial drama Saimdang, The Her Story mirip dengan Jewel in the Palace, sama-sama mengadaptasi biografi seorang tokoh nyata.

KOMPAS/ARYO WISANGGENI GENTHONG Menaiki bukit kecil di sekeliling Kompleks Vila Ojukheon.
Shin Saimdang adalah salah satu seniman perempuan paling terkemuka Korea dari abad ke-15. Melampaui zamannya, Shin Saimdang adalah seorang penyair dan pelukis yang karya-karyanya memengaruhi perkembangan sastra dan seni rupa Korea.

Kebesaran Shin Saimdang setara, kalau bukan malah melebihi, Jang Geum, tokoh yang dicatat sejarah sebagai koki perempuan pertama dalam istana Dinasti Joseon. Dan Seoul Broadcasting System (SBS), rumah produksi Saimdang, The Her Story, piawai mengolah pesona dan kebesaran Sang Guru. SBS menjadikan rumah Shin Saimdang, Vila Ojukheon, sebagai lokasi pengambilan gambar serial drama Saimdang, The Her Story.

Di kompleks vila itulah Saimdang melahirkan pemikir dan politikus ternama Korea, Yulgok Yi Yi, pada 26 Desember 1536, dalam rumah tradisional berarsitektur khas masa awal Dinasti Joseon yang disebut Kuil Munseongsa. Munseong adalah nama yang dianugerahkan Raja Injo kepada Yulgok Yi Yi.

Kamar tempat Yulgok dilahirkan berada di sayap, ruang kecil itu dikenal sebagai Mongryongsil, ”kamar mimpi naga”. Dikisahkan, Saimdang memimpikan seekor naga sebelum kelahiran Yulgok.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.