Kompas.com - 26/02/2016, 12:17 WIB
Perpustakaan Kelompok Pencinta Bacaan Anak (KPBA) bisa menjadi tempat alternative wisata keluarga di Yogyakarta. Wahyu Adityo Prodjo / KOMPAS.comPerpustakaan Kelompok Pencinta Bacaan Anak (KPBA) bisa menjadi tempat alternative wisata keluarga di Yogyakarta.
|
EditorI Made Asdhiana
YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Perpustakaan bisa jadi salah satu alternatif wisata bagi keluarga. Di perpustakaan, orang tua bisa menjadi tempat bersantai melepaskan penat sekaligus menanamkan nilai-nilai positif untuk anak.
 
Nah jika pergi Yogyakarta, terdapat sebuah perpustakaan yang menawarkan koleksi buku-buku anak dan juga tempat bersantai. Perpustakaan tersebut bernama Perpustakaan Kelompok Pencinta Bacaan Anak (KPBA).
 
Pemilik Perpustakaan KPBA Galuh Larasati (43) mengatakan, tempat miliknya bebas dikunjungi oleh wisatawan individu maupun keluarga. Ia menambahkan, selain perpustakaan juga terdapat galeri seni yang berisi hasil buku novel tulisannya.
 
"Wisatawan keluarga bisa datang dan baca melihat koleksi perpustakaan. Kita setiap hari buka," kata perempuan yang akrab disapa Atiek itu kepada KompasTravel usai acara peresmian perpustakaan di Yogyakarta, Rabu (24/2/2016) sore.
 
Ia mengatakan sangat tertarik dengan konsep perpustakaan sebagai tempat rekreasi. Oleh karena itu, Atiek menyebutkan, wisatawan yang ingin datang tak perlu melakukan permohonan perizinan maupun membayar uang masuk.
 
"Wisatawan juga bisa datang dan menikmati teh dan wedang jahe sambil baca buku. Kedai minumannya jam bukanya sama. Untuk harga sekitar 5-10 ribu," tambahnya.

Untuk koleksi perpustakaan, Atiek mengatakan pengunjung dapat menemukan koleksi sebanyak 300 buku. Jenis-jenis buku yang dapat ditemukan adalah buku-buku anak dan juga buku-buku bertopik seperti pengembangan diri dan filsafat

Adapun luas area rumah tempat perpustakaan KPBA didirikan adalah berkisar 1.000 meter. Di area pekarangan terdapat bangku-bangku yang dapat digunakan untuk duduk.

Sebelum menjadi perpustakaan, Atiek menceritakan ruangan perpustakaan yang saat ini digunakan adalah garasi mobil. Kemudian selama persiapan dua tahun, ia menyulapnya menjadi perpustakaan yang berkonsep rumahan itu.

“Saya bikin desainnya tidak seperti perpustakaan umum. Saya buat hiasannya sendiri. Ada tenda itu di dalam tiangnya dari tongkat pramuka. Jadi gak terlalu mewah desainnya,” ujar perempuan yang gemar menulis ini.

Perpustakaan KPBA terletak di Jalan Parang Tritis Gang Sartono Nomor 823, Kelurahan Mantrijeron, Kecamatan Mantrijeron, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Perpustakaan KPBA buka setiap hari mulai pukul 09.00 sampai pukul 20.00 WIB.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.