Kompas.com - 18/03/2016, 14:00 WIB
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F
JIMBARAN, KOMPAS.com - Saat berlibur di Bali, pantai tersohor sudah pasti Pantai Kuta. Namun jika ingin lepas dari keramaian dan suasana Pantai Kuta, cobalah menuju ke arah Uluwatu dan menyepi di Pantai Balangan.

Pantai ini terletak di Desa Ungasan, Kelurahan Jimbaran. Wisatawan yang ingin bersantai di atas pasir Pantai Balangan, harus berjalan kaki menuruni tangga yang membelah tebing terlebih dahulu sekitar 50-70 meter dari tempat parkir kendaraan.

Selain sekadar bersantai di pinggir pantai dan berjalan menyusuri garis pantai, wisatawan juga bisa mencoba berselancar. Ombak laut di Pantai Balangan ini kerap dijajal oleh peselancar, terutama turis asing. 

Pantai Balangan juga cocok untuk penyuka fotografi. Di sisi timur pantai, terdapat tebing yang langsung menghadap laut maupun pantai. Di sana, pengunjung dapat mengabadikan diri dengan latar belakang laut lepas.

Namun, hati-hati jika sedang mengambil foto di sekitar tebing Pantai Balangan. Pasalnya tidak ada pengaman berupa kabel sling maupun bentuk apapun yang melindungi pengunjung dari resiko terjatuh dari atas tebing.

Di sekitar area Pantai Balangan sudah tersedia fasilitas kamar mandi untuk membilas tubuh setelah bermain di pantai. Di dekat area parkir, juga terdapat warung yang menyediakan makanan dan minuman ringan.

Untuk memasuki Pantai Balangan, wisatawan tak dikenakan biaya tiket masuk. Jika membawa kendaraan, biaya parkir yang akan ditarik di pintu masuk yakni Rp 5.000.

Pantai Balangan sendiri terletak di Desa Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Dari Bandara Ngurah Rai, pantai ini berjarak sekitar 15 kilometer. Pantai ini bisa dicapai dengan mudah menggunakan kendaraan pribadi maupun sewa.

Pantai Balangan terletak tak jauh dari obyek wisata Garuda Wisnu Kencana (GWK) dan Pantai Dreamland. Jika ingin menggunakan taksi dari Bandara Ngurah Rai, biaya yang dibutuhkan sekitar Rp 250.000.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.