Menpar Berharap Ledakan di Brussels Tak Berdampak pada Pariwisata RI

Kompas.com - 24/03/2016, 15:39 WIB
Turis dari kapal pesiar Noble Caledonia yang lego jangkar di lepas Pantai Ulee Lheue mengunjungi Museum Tsunami, Banda Aceh, Kamis (6/2/2014). Sebanyak 120 turis dari kapal tersebut melakukan city tour mengunjungi sejumlah situs sejarah dan tsunami di Kota Banda Aceh selama enam jam. Tahun 2013 hingga Februari 2014 tercatat 16 kapal pesiar singgah di perairan Aceh dengan kapasitas 120 hingga 500 penumpang. SERAMBI/M ANSHARTuris dari kapal pesiar Noble Caledonia yang lego jangkar di lepas Pantai Ulee Lheue mengunjungi Museum Tsunami, Banda Aceh, Kamis (6/2/2014). Sebanyak 120 turis dari kapal tersebut melakukan city tour mengunjungi sejumlah situs sejarah dan tsunami di Kota Banda Aceh selama enam jam. Tahun 2013 hingga Februari 2014 tercatat 16 kapal pesiar singgah di perairan Aceh dengan kapasitas 120 hingga 500 penumpang.
|
EditorI Made Asdhiana

DENPASAR, KOMPAS.com - Ledakan bom di Brussels, Belgia diharapkan tidak berdampak pada pariwisata di Indonesia.

Hal ini disampaikan Menteri Pariwisata Arief Yahya saat menghadiri Deklarasi Penguatan Reputasi Bangsa oleh Komunitas PR (Public Relations) di Denpasar, Bali.

"Semoga tidak berpengaruh. Kejadian itu (ledakan bom) bisa terjadi di mana-mana. Kita sebagai bangsa Indonesia ikut bersimpati, prihatin terhadap kejadian di Belgia," kata Arief di Denpasar, Kamis (24/3/2016).

Menpar memaparkan, peran media sangat diperlukan dalam menjaga kondusifitas di dalam negeri sehingga memunculkan situasi yang positif di saat negara lain mengalami musibah yang tidak diharapkan siapa pun, seperti ledakan bom di Brussels.

"Safety dan security itu adalah hal yang sensitif di kepariwisataan. Saya mohon begini, rekan media membantu lah (pemberitaan yang kondusif)," ujarnya.

Pariwisata Indonesia, menurut Arief, perlu dijaga dan terus ditumbuhkembangkan agar mampu bersaing positif baik secara kuantitas maupun kualitas.  



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X