"Hanya" Mendaki 4 Jam, Willem Sigar Berhasil Capai Puncak Gunung Batur

Kompas.com - 02/05/2016, 19:44 WIB
ILUSTRASI - Panorama Danau Batur dan Gunung Batur dilihat dari puncak Kaldera Batur atau disebut juga double view di Desa Hulun Danu, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali. KOMPAS/RIZA FATHONIILUSTRASI - Panorama Danau Batur dan Gunung Batur dilihat dari puncak Kaldera Batur atau disebut juga double view di Desa Hulun Danu, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali.
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F
KINTAMANI, KOMPAS.com - Pendaki maraton gunung solo, Willem Sigar Tasiam (58), berhasil mencapai puncak Gunung Batur, Kintamani, Batur. Dia berhasil menyelesaikan pendakian dalam waktu 3 jam 53 menit. Pendakian ini merupakan kali pertama Willem menjajal Gunung Batur.
 
Usai turun dari Gunung Agung (Klungkung, Bali) sekitar pukul 11.00 WITA siang tadi, Willem langsung mendaki Gunung Batur. Dia berangkat pukul 13.08 WITA, dan tiba di puncak pukul 15.10 WITA.
 
 Ia tiba kembali di basecamp pukul 16.45 WITA. Hal itu berarti Willem mendaki Gunung Batur selama 3 jam 58 menit.
 
"Trek didominasi batu karang, harus hati-hati. Tapi rupanya di atas banyak sekali warung. Jadi tidak perlu perbekalan banyak sebetulnya," tutur Willem selepas pendakian kepada KompasTravel, Senin (2/5/2016).
 
Kompas.com/Sastri Willem Sigar sebelum memulai pendakian Gunung Batur, Bali, Senin (2/5/2016).
Di bagian puncak, ia menuturkan, pemandangan yang terhampar sangat indah. Gunung Batur punya tiga puncak. Dari puncak pertama, panorama Danau Batur terhampar jelas.
 
Usai pendakian Batur, Willem dan rombongan "Jelajah Tanpa Batas-50 Gunung 40 Hari" akan melanjutkan perjalanan ke Bedugul. Besok dini hari, Willem akan mulai mendaki Gunung Batukaru.

Di Bali, Willem dijadwalkan mendaki tiga gunung di Bali. Dua di antaranya didaki sekaligus dalam satu hari, yakni Gunung Agung (Karangasem) dan Gunung Batur (Bangli). Gunung lain yang juga akan didaki di Bali adalah Gunung Batukaru (Tabanan). 

Ikuti kisah perjalanan pelari Willem Sigar di liputan khusus Kompas.com pada laman "Ekspedisi Alam Liar - 50 Gunung 40 Hari". Tim Kompas.com akan mengikuti perjalanan Willem mendaki 50 gunung secara lari maraton dalam 40 hari. 

Perjalanan menuju kaki gunung ditempuh dengan jalan darat menggunakan mobil Nissan All New Navara. Ekspedisi ini juga didukung oleh Pertamina dan Eiger.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X