Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ubah Rencana, Willem Sigar Tambah Gunung Catur untuk Didaki di Bali

Kompas.com - 03/05/2016, 11:48 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

BEDUGUL, KOMPAS.com — Rencana awal, Selasa (3/5/2016) pagi ini, Willem akan mendaki Gunung Batukaru di Tabanan, Bali, kemudian langsung menyeberang ke Pulau Jawa. Namun, ternyata dia menyempatkan diri mendaki Puncak Mangu di Gunung Catur, Badung.
 
Petualangan pendaki gunung secara maraton, Willem Sigar Tasiam (58), berlanjut. Seusai kemarin mendaki Gunung Agung dan Gunung Batur, hari ini ia menyempatkan diri mendaki Puncak Mangu di Gunung Catur.
 
"Rencana awalnya hanya Batukaru. Tapi mumpung dekat dan Puncak Mangu salah satu yang tertinggi di Bali, pagi ini ke sana (Puncak Mangu) dulu," papar Willem sebelum mendaki, Selasa (3/5/2016), kepada KompasTravel yang mengikuti perjalanan Willem dalam ekspedisi "Jelajah Tanpa Batas", yaitu mendaki 50 gunung dalam 40 hari.
 
Kompas.com/Sastri Pemandangan Danau Beratan dari jalur trekking Gunung Catur
Pukul 07.30 Wita, seusai sarapan roti bakar dan teh manis panas di penginapan, Willem dan rombongan ekspedisi "Jelajah Tanpa Batas" memacu Nissan All New Navara menuju kaki Gunung Catur. Gunung ini terletak di Desa Petang, salah satu sisi Danau Bratan, Bedugul. Puncak Mangu terletak di ketinggian 2.096 mdpl.
 
Willem mulai mendaki pukul 08.45 Wita. Ini adalah kali pertama Willem mendaki Gunung Catur. Warga setempat mengestimasi perjalanan ke puncak selama 2,5 jam, begitu pun perjalanan turun.
 
Jelajah ini pun semakin semarak karena fotografer senior Don Hasman mulai bergabung dalam ekspedisi ini. KompasTravel bersama Don Hasman ikut trekking mengantar Willem sampai pertigaan di kaki Gunung Catur. Vegetasi didominasi hutan hujan, dengan pemandangan langsung Danau Bratan.
 
Willem akan melewati dua pura yang terletak di tengah dan puncak gunung. Sebelum mendaki, Willem sudah menyiapkan sesajen sebagai tradisi yang akan ditaruh di tiap pura.
 
Kompas.com/Sastri Willem bersiap mendaki Puncak Mangu, Gunung Catur, Bali
Jika perjalanan lancar, Willem akan tiba kembali di kaki gunung sekitar pukul 13.30 Wita. Perjalanan akan dilanjutkan ke Gunung Batukaru.

Di Bali, Willem dijadwalkan mendaki tiga gunung. Dua di antaranya didaki sekaligus dalam satu hari, yakni Gunung Agung (Karangasem) dan Gunung Batur (Bangli). Gunung lain yang juga akan didaki di Bali adalah Gunung Batukaru (Tabanan).

Ikuti kisah perjalanan pelari Willem Sigar di liputan khusus Kompas.com pada laman "Ekspedisi Alam Liar - 50 Gunung 40 Hari". Tim Kompas.com akan mengikuti perjalanan Willem mendaki 50 gunung secara lari maraton dalam 40 hari. 

Perjalanan menuju kaki gunung ditempuh dengan jalan darat menggunakan mobil Nissan All New Navara. Ekspedisi ini juga didukung oleh Pertamina dan Eiger. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com