Kompas.com - 02/06/2016, 14:31 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com - Morotai adalah salah satu pulau terluar Indonesia yang terletak di Provinsi Maluku Utara. Pesona pulau ini luar biasa, pasir putih halus layaknya tepung, air laut yang jernih, spot diving yang indah, juga situs bersejarah Perang Dunia II ada di Morotai.

Tak salah Presiden Joko Widodo menetapkan Morotai sebagai salah satu dari 10 destinasi prioritas di Indonesia, awal tahun 2016 ini.

Kini muncul kabar gembira. Untuk menuju Morotai, wisatawan akan mendapatkan kemudahan. Maskapai penerbangan Citilink baru saja menandatangai MoU untuk membuka rute penerbangan langsung ke Morotai dengan Pemda Morotai di Balairung Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata, di Jakarta, Rabu (1/6/2016).

"Kita sedang eksplor untuk meningkatkan kerja sama pariwisata dan ini adalah strategi kita untuk menambah pasar internasional, terutama sekarang wisatawan dari China yang banyak. Kita juga sudah punya kerja sama yang baik dengan China untuk menambah wisatawan ke Indonesia. Destinasi dari China akan terus kita tambah," ungkap Mega Satria, Chief Financial Officer Citilink Indonesia.

Mega mengatakan bahwa saat ini sedang dilakukan proses persiapan baik dari segi infrastruktur dan koordinasi kerja sama dengan berbagai pihak.

KOMPAS IMAGES/ANDREAN KRISTIANTO Wisatawan menikmati keindahan alam Pulau Dodola, Morotai, Maluku Utara, Jumat (14/9/2012). Pulau Dodola merupakan salah satu objek wisata di Morotai yang sedang dikembangkan oleh pemerintah daerah.
Menurut Mega, wisatawan China menjadi target utama karena karakteristik wisatawan dari China sangat menyukai wisata bahari.

"Untuk jenis pesawat yang digunakan adalah Airbus 320 berkapasitas180 penumpang. Belum ada tanggal pastinya kapan (rute Morotai diaktifkan) tetapi kita coba akhir tahun ini," kata Mega.

Saat ini hanya ada dua rute penerbangan ke Morotai yakni dari Manado dan Ternate menggunakan maskapai Wings Air dengan tipe pesawat ATR.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.