Kompas.com - 23/06/2016, 17:35 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

NUSA DUA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata Arief Yahya resmi membuka Bali & Beyond Travel Fair (BBTF) 2016 di Nusa Dua Bali. BBTF diselenggarakan setiap tahun di Bali.

Dalam BBTF kali ini, Tana Toraja, Sulawesi Selatan yang didapuk menjadi tuan rumah, walaupun diselenggarakan di Bali.

"Tourism di Indonesia itu adalah Bali. Saya undang para Kadis Pariwisata (seluruh Indonesia). Rugi kalau tidak ikut BBTF. Di sini (Bali) tempat berkumpulnya orang (wisatawan asing dan domestik)," kata Arief Yahya, di Nusa Dua, Badung, Bali, Kamis (23/6/2016).

"Kalau kadispar-kadispar tidak berpromosi di Bali, sangat rugi. Kalau promosi ke luar negeri sangat mahal," katanya.

KOMPAS.COM/SRI LESTARI Stan Tana Toraja di Bali and Beyond Travel Fair (BBTF) 2016, di Nusa Dua, Bali, Kamis (23/6/2016).
Menpar juga menjelaskan bahwa jika daerah lain promosi wisata di Bali maka jutaan wisatawan asing akan memperhatikan.

Sementara Ketua BBTF 2016, I Ketut Ardana menyampaikan bahwa pelaksanaan BBTF dilakukan secara profesional.

"Semua dilakukan secara profesional sejak dari kita mengundang buyers, dan sejak memperkenalkan BBTF ini kepada sellers. Indonesia harus mampu menyelenggarakan event yang besar, seperti BBTF ini," kata Ketut Ardana.

Ardana yang kini menjabat sebagai Ketua Asita Bali juga menyampaikan bahwa pihaknya terus melakukan evaluasi hingga BBTF lebih maju dan semakin besar dan lebih banyak melibatkan peserta.

KOMPAS.COM/SRI LESTARI Stan Tana Toraja di Bali and Beyond Travel Fair (BBTF) 2016 di Nusa Dua, Bali, Kamis (23/6/2016).
Ardana memaparkan pihak penyelenggara tetap bekerja keras untuk meyakinkan pihak seller bahwa para buyer yang diundang adakah potensial.

"Dan ini menjadi bukti bahwa seller meyakini bahwa buyer yang didatangkan memang benar buyer-buyer yang potensial," katanya.

Untuk tahun ini, tambah Ardana, BBTF dihadiri 154 sellers dan 222 buyers dengan nilai transaksi diperkirakan Rp 6,88 triliun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.