Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/06/2016, 04:12 WIB

BALI, KOMPAS.com – AirAsia meluncurkan fasilitas Auto Bag Drop di Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali. Peluncuran fasilitas self-service untuk bagasi yang pertama di Indonesia ini adalah wujud konsistensi AirAsia sebagai pionir penerapan layanan berteknologi di industri penerbangan tanah air yang mengedepankan inovasi dan efisiensi.

Dalam acara peluncuran yang berlangsung di Area Check-In Internasional, turut pula disimulasikan kemudahan dan kecepatan proses Auto Bag Drop serta pengaruhnya terhadap kapasitas konter check-in.

Auto Bag Drop mempermudah penumpang yang telah memiliki boarding pass untuk melakukan proses penyerahan bagasi tanpa bantuan petugas. Fasilitas ini didukung layanan Self Bag Tag yang tersedia di kios Self-Service, yang memungkinkan penumpang mencetak tanda bagasi dan memasangkannya sendiri.

Saat ini Fasilitas Auto Bag Drop AirAsia tersedia di Terminal Keberangkatan Domestik dan Internasional Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali dan akan diterapkan di bandara lainnya di Indonesia.

”Fasilitas Auto Bag Drop menambah pengalaman baru terbang bersama AirAsia setelah sebelumnya masyarakat diperkenalkan dengan fitur inovatif seperti web check-in , mobile check-in, dan e-boarding pass," kata Director of Commercial AirAsia Indonesia, Andy Adrian Febryanto dalam acara peluncuran seperti termuat dalam siaran pers.

Dok. AirAsia Indonesia (Kanan ke Kiri) Kepala Otoritas Bandara Wilayah IV, Bapak Yusfandri Gona, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali, Bapak Anak Agung Gede Yuniartha Putra, bersama Direktur Niaga AirAsia Indonesia Bapak Andy Adrian Febriyanto, General Manager Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bapak Trikora Harjo melakukan simulasi penggunaan fasilitas Auto Bag Drop AirAsia di Bali.
Di samping itu, secara teknis Auto Bag Drop diharapkan dapat mempersingkat waktu layanan konter secara signifikan sehingga penumpang dapat terhindar dari antrian panjang di konter konvensional.

Penempatan fasilitas ini kali pertama di Bali juga dimaksudkan untuk mengantisipasi lonjakan wisatawan domestik pada libur lebaran dan juga wisawatan asing yang berkunjung untuk menghabiskan libur musim panas dan tengah tahun di Bali terutama dari negara-negara di Timur Tengah, Asia Timur, Eropa dan Australia.”

Fasilitas Auto Bag Drop dilengkapi berbagai fitur yang menjamin keamanan proses. Sekiranya bagasi tidak dapat diterima akibat keterlambatan dalam penyerahan atau hal lain, mesin Auto Bag Drop akan secara otomatis membatalkan proses.

Selain itu, petugas AirAsia juga akan mengawasi barang bawaan penumpang yang masuk ke konter Auto Bag Drop. Bagasi yang melebihi ukuran, berat, atau butuh penanganan khusus, akan diarahkan untuk diproses secara manual.

Fasilitas Auto Bag Drop AirAsia dapat digunakan oleh penumpang yang telah memiliki boarding passtiga hingga satu jam sebelum jadwal keberangkatan internasional atau dua hingga satu jam sebelum keberangkatan domestik.

Sebelum menuju konter Auto Bag Drop penumpang dapat mencetak tanda bagasi di kios Self-Service dan memasangkannya sesuai instruksi yang tertera. Selanjutnya, penumpang dapat menuju konter Auto Bag Drop dan mengikuti petunjuk di layar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com