Tips Belanja Tape Ketan Ember, Oleh-oleh Tersohor dari Kuningan

Kompas.com - 10/07/2016, 13:06 WIB
Tape Ketan dalam ember khas Kuningan sudah tersohor kenikmatannya. Terbuat dari tape ketan putih yang berwarna hijau muda akibat pewarnaan dari daun katuk. KOMPAS.com/Muhammad Irzal AdiakurniaTape Ketan dalam ember khas Kuningan sudah tersohor kenikmatannya. Terbuat dari tape ketan putih yang berwarna hijau muda akibat pewarnaan dari daun katuk.
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F

KUNINGAN, KOMPAS.com - Mudik melewati Kuningan, Jawa Barat, ini belum lengkap tanpa membawa buah tangan. Salah satu yang sangat tersohor ialah Tape Ketan Ember Kuningan.

Kuliner yang merupakan fermentasi tape di ember ini mudah ditemui di jalan-jalan besar Kuningan ataupun sentra oleh-oleh. Saking banyaknya, memilih tape yang pas untuk dibawa pulang merupakan hal yang perlu Anda ketahui.

Erna Soen, Manager “Teh Diah”, salah satu sentra oleh-oleh Kuningan yang selalu ramai dikunjungi wisatawan berbagi tips memilih tape ketan yang benar. Ia mengatakan memilih tape ketan harus disesuaikan dengan ke mana panganan itu dibawa, menggunakan apa, dan berapa lama perjalanan.

“Ada dua jenis Tape Ketan Kuningan di berbagai sentra oleh-oleh sesuai kematangannya, yang matang dan yang belum atau matang beberapa hari lagi. Ada beberapa ciri untuk membedakan keduanya,” ujar Erna kepada KompasTravel saat mengunjungi sentra oleh-oleh Teh Diah, Jumat (8/7/2016).

KOMPAS.com/Muhammad Irzal Adiakurnia Setiap libur Lebaran, kota ini dipadati oleh para pemudik tujuan Cirebon, Jawa Tengah, maupun Jawa Timur, pusat oleh-oleh punkerap dipadati wisatawan yang singgah.
Berikut tips memilih tape ketan sesuai kebutuhan, yang dihimpun KompasTravel:

1. Perjalanan jauh pilih yang belum matang

Bagi yang ingin membawa Tape Ketan Kuningan ke daerah asal yang jauh, Erna merekomendasikan untuk membeli yang belum matang. Tape ketan yang belum matang dapat ditunggu kematangannya mulai satu minggu hingga dua hari.

Tape ketan merupakan beras ketan yang di fermentasi, sehingga umurnya hanya 10 hari di suhu ruangan dan 1 bulan di dalam kulkas. Selain agar tidak mudah basi karena perjalanan, tape ketan yang belum matang tak mengeluakan bau alkohol yang menyengat, sehingga aman dibawa di pesawat.

Sedangkan untuk perjalanan darat yang singkat, sekitar satu hari, masih dapat membeli tape ketan yang sudah matang.

2. Ketika libur panjang lebih baik pesan dahulu

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X