Kompas.com - 15/08/2016, 15:27 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

BAJAWA, KOMPAS.com - Sebanyak 76 peserta Jelajah Sepeda Flores-Timor yang diselenggarakan Harian Kompas memulai perjalanannya pada etape ketiga, Senin (15/8/2016) dengan menempuh jarak sejauh 145 km dari Kampung Bena ke Ende. Ini merupakan etape terjauh dari acara Jelajah Sepeda Flores-Timor.

Meski rute didominasi jalanan menurun, untuk keluar dari Kampung Bena, Jerebuu, Kabupaten Ngada, peserta harus menaklukkan tanjakan terjal sejauh 7 km. Namun, kerja keras mereka akan terbayar begitu memasuki Ende. Hamparan batu hijau di pinggiran pantai akan menyambut mereka.

Tentunya itu akan menjadi suntikan energi bagi mereka. Setelah letih bersepeda, panorama alam di Pulau Flores menjadi obat pelepas lelah. Road Captain Jelajah Sepeda Flores-Timor Marta Mufreni mengatakan selepas Bajawa, peserta harus berkonsentrasi penuh sebab jalanan terus menurun hingga Ende yang notabene kota pesisir.

"Bersepeda sembari menikmati keindahan alam Pulau Flores tidak masalah, tetapi harus diimbangi dengan konsentrasi di jalan untuk keselematan peserta," kata Marta sebelum memulai perjalanan etape ketiga.

Jelajah Sepeda Flores-Timor yang digelar Harian Kompas, 13-23 Agustus 2016 dimulai dari Labuan Bajo di ujung barat Flores, dan berakhir di Motaain, Kabupaten Belu (Timor), perbatasan RI-Timor Leste.

Perjalanan bersepeda jarak jauh ini merupakan bagian dari komitmen Kompas untuk mempromosikan Flores dan Timor, serta Nusa Tenggara Timur pada umumnya guna meningkatkan kunjungan wisatawan dan investasi. Liputan itu tidak semata-mata memuat tentang perjalanan bersepeda, tetapi juga potensi, terutama ekonomi dan sosial budaya serta problematikanya yang ada di Flores dan Timor.

Liputan serupa juga akan dilakukan KompasTV, majalah National Geographic, Kompas.com, radio Sonora, dan harian Pos Kupang, serta sejumlah media lain di bawah payung Kompas Gramedia.

Jelajah sepeda dilakukan harian Kompas sejak tahun 2008. Saat itu menempuh rute Anyer-Panaroekan. Setelah itu Surabaya-Jakarta (2010), Jakarta-Palembang (2011), Bali-Komodo (2012), Sabang-Padang (2013), Manado-Makassar (2014), Banjarmasin-Balikpapan (Mei 2015), dan Jelajah Sepeda Papua (Juni 2015).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.