Kompas.com - 27/08/2016, 22:50 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

ENTIKONG, KOMPAS.com - Festival Wonderful Indonesia (FWI) kembali digelar di perbatasan Indonesia-Malaysia di Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat. Perhelatan tersebut digelar selama dua hari mulai Sabtu (27/8/2016) hingga Minggu (28/8/2016) yang dipusatkan di Lapangan Patoka, Entikong.

Konsep Cross-border Tourism yang digagas Kementerian Pariwisata untuk menggaet wisatawan asal negeri Jiran ini dimeriahkan dua artis ibu kota, yaitu Nong Niken artis Kontes Dangdut Indonesia dan Selvi artis Bintang Pantura Indosiar.

Tak hanya konser musik, festival ini juga menyuguhkan hiburan berupa tarian daerah, musik etnik, dan expo kerajinan produk lokal.

Kepala Bidang Festival Asisten Deputi Pengembangan Pasar Asia Tenggara Kemenpar, Eddy Susilo mengatakan, penyelenggaraan FWI yang kedua kalinya ini diharapkan bisa mengulang sukses seperti penyelenggaraan sebelumnya.

Kunjungan wisatawan khususnya dari negara bagian Sarawak, Malaysia diharapkan bisa melebihi jumlah kunjungan sebelumnya. Dari data sementara, diperkirakan wisman asal Sarawak yang akan hadir diperkirakan lebih dari 300 orang.

Kemenpar pun sudah mempersiapkan sejumlah bus guna mempermudah pengunjung dari perbatasan menuju lokasi kegiatan. "Para wisman tersebut akan datang selama dua hari dijemput menggunakan bus oleh panitia di perbatasan Entikong, sekitar tiga kilometer dari lokasi acara," ujar Eddy, Jumat (26/8/2016).

FWI merupakan program Kemenpar dalam rangka meningkatkan aktivitas industri pariwisata Indonesia. Meski tak mudah, tahun 2016, Kemenpar menargetkan kunjungan sebanyak 12 juta wisatawan mancanegara atau meningkat sebesar 20 persen dibanding capaian kunjungan wisman sebesar 10,4 juta pada tahun 2015.

"Diharapkan kunjungan wisman lewat pintu perbatasan tahun 2016 akan meningkat signifikan hingga 2 juta," kata Eddy.  

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.