Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/10/2016, 13:41 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

PADANG, KOMPAS.com - Rangkaian acara AKSA 7 Boot Camp digelar di Lembah Harau, Kabupaten Limapuluh Koto, Sumatera Barat. Acara AKSA 7 Boot Camp bertajuk "Merajut Indonesia" ini diselenggarakan pada tanggal 8-9 Oktober 2016.

"Kita di setiap tempat penyelenggaraan AKSA 7 Bootcamp beda-beda karakter tempatnya. Lembah Harau ini menarik karena ada tebing-tebing yang mana menjadi sasaran pemanjat tebing. Di Lembah Harau ini jadi wajah yang beda saja dari AKSA 7 Bootcamp sebelumnya," Ketua Umum AKSA 7 Bootcamp Anggi Frisca kepada KompasTravel di Kota Padang, Sumatera Barat, Jumat (7/10/2016).

Acara AKSA 7 Bootcamp menghadirkan pegiat alam bebas senior yaitu Galih Donikara dan pemanjat tebing juga pendaki seven summit dunia, Iwan Irawan atau akrab disapa Kweceng. Selain itu para ekspeditor AKSA 7 yang telah berhasil menjejakkan kaki di tujuh puncak tertinggi di Indonesia.

Anggi mengatakan acara AKSA 7 Bootcamp di Lembah Harau diikuti oleh sekitar 20 orang dari berbagai daerah di Indonesia. Ia menyebutkan peserta berasal dari Padang, Medan, Balikpapan, Palembang, dan Jakarta.

"Di AKSA 7 Bootcamp, peserta akan diajak melakukan permainan berbasis edukasi, berkemah, dan mengikuti talkshow dari Kang Galih tentang Ekspedisi Black Borneo, Pendakian dari Tim AKSA 7, dan pendakian tujuh puncak dunia dari Kweceng," jelas Anggi.

Lewat kegiatan AKSA 7 Bootcamp, Anggi berharap peserta yang nantinya Warrior Aksa bisa menyebarkan semangat kepemudaan dan jiwa nasionalis. Pasalnya, para Warrior AKSA akan ditanamkan nilai-nilai untuk berani bermimpi dan mewujudkan mimpi lewat kegiatan di dalam AKSA 7.

"Kegiatan di AKSA 7 Bootcamp mengacu pada kata Dream (Dedication, Responsibility, Experience/Education, Attitude, Motivation)," jelasnya.

Sebelumnya, AKSA 7 Bootcamp telah digelar di Ranca Upas, Bandung; Gunung Bunder, Bogor; Gunung Prau, Wonosobo; Ranu Regulo, Malang; Kawah Ilalang, Bondowoso; dan Danau Tamblingan. Setelah di Padang, AKSA 7 Bootcamp akan diadakan di Makassar dan terakhir di Jakarta.

AKSA 7 adalah sebuah tim yang beranggota tujuh sineas muda lulusan Institut Kesenian Jakarta yang mendaki 7 tujuh puncak tertinggi di Indonesia. Mereka melakukan pendakian dari wilayah barat yakni Gunung Kerinci di Jambi hingga berakhir di wilayah timur Indonesia yakni Gunung Carstensz di Papua.

AKSA 7 Bootcamp adalah bagian dari perjalanan film perjalanan AKSA 7. Film AKSA 7 bercerita tentang perjalanan tujuh anak muda melihat kehidupan orang Indonesia lebih dekat dan mencintai Indonesia lewat kacamata sineas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com