Pendakian Gunung Gede dan Pangrango Ditutup mulai 31 Desember 2016

Kompas.com - 01/12/2016, 07:10 WIB
Para pendaki di Lembah Surya Kencana, Gunung Gede, Jawa Barat, Minggu (13/11/2016). KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJOPara pendaki di Lembah Surya Kencana, Gunung Gede, Jawa Barat, Minggu (13/11/2016).
|
EditorSri Anindiati Nursastri

JAKARTA, KOMPAS.com — Jalur pendakian Gunung Gede dan Gunung Pangrango, Jawa Barat, ditutup mulai 31 Desember 2016. Keputusan penutupan pendakian Gunung Gede dan Pangrango tertuang dalam surat edaran Balai Besar Taman Nasional Gede Pangrango bernomor SE.2253/BBTNGGP/kabidtek/TEK.P2/11/2016.

Kepala Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Suyatno Sukandar, mengatakan, penutupan jalur pendakian Gunung Gede dan Pangrango berlaku untuk semua jalur pendakian. Adapun jalur pendakian Gunung Gede dan Pangrango adalah Gunung Putri, Cibodas, dan Selabintana.

"(Penutupan jalur pendakian) ini kan sudah rutin setiap tahun. Ada bulan-bulan yang ditutup untuk memberi kesempatan kepada alam untuk recovery," ujar Suyatno saat dihubungi KompasTravel, Selasa (29/11/2016).

Penutupan jalur pendakian Gunung Gede dan Pangrango berlaku hingga 31 Maret 2017. Penutupan pendakian tersebut diharapkan menjadi waktu pemulihan ekosistem flora dan fauna di area Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Meski demikian, wisatawan masih bisa berkunjung ke obyek wisata Air Terjun Cibereum di Cibodas, Curug Cibereum di Selabintanga, dan Situ Gunung di Sukabumi. Wisatawan juga masih bisa merasakan suasana berkemah di Situ Gunung ataupun Bumi Perkemahan Mandalawangi.

Gunung Gede dan Pangrango terletak tak jauh dari Ibu Kota. Hal itu menjadikan kedua gunung ini sebagai tempat liburan, khususnya pendakian, bagi warga Jabodetabek.

Di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, wisatawan bisa mendaki serta berkemah di gunung. Adapun tempat berkemah saat mendaki di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango adalah Lembah Surya Kencana dan Lembah Mandalawangi.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X