Cirebon Andalkan Wisata Kuliner dan Belanja

Kompas.com - 16/01/2017, 10:03 WIB
Nasi Jamblang KOMPAS/PINGKAN ELITA DUNDUNasi Jamblang
EditorI Made Asdhiana

CIREBON, KOMPAS.com - Wisata kuliner dan belanja menjadi andalan Kota Cirebon, Jawa Barat, untuk menarik kunjungan wisatawan. Pasalnya, destinasi wisata yang ada di Kota Udang itu tergolong minim peminat karena kurang kreativitas.

"Wisatawan saat ini masih tertarik untuk belanja dan mencicipi kuliner khas Cirebon dan juga ketika ada kegiatan baru wisatawan akan datang," kata Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporbudpar) Kota Cirebon, Dana Kartiman di Cirebon, Jumat (13/1/2017).

(BACA: Ke Cirebon Kurang Lengkap jika Belum Mencicipi Seafood-nya)

Menurut Dana wisata kuliner dan belanja masih menjadi magnet untuk menarik wisatawan datang ke Kota Cirebon.

Dana melanjutkan meski waktu yang digunakan wisatawan hanya setengah hari, akan tetapi pengunjung tak pernah sepi di tempat makan dan pusat perbelanjaan, bahkan peningkatannya bisa mencapai sekitar 20 persen.

ARSIP DOYAN KULINER Bandeng Gepuk, kuliner khas Losari, Cirebon, Jawa Barat.
Namun untuk sejumlah obyek wisata tidak banyak berubah, hanya tambahan saja, karena para wisatawan hanya melihat situs dan tempat sejarah lainnya.

"Untuk destinasi wisata seperti budaya dan sejarah hanya dijadikan transit wisata, bukan tujuan wisata," tuturnya.

(BACA: Makan Malam ala Sultan di Keraton Cirebon, Cukup Bayar Rp 25.000)

Ia memaparkan, untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan sangat sulit karena dana promosi Disporbudpar Kota Cirebon sekitar Rp 100-150 juta dalam setahun.

Padahal daerah lain dalam mendongkrak kunjungan wisatawan diberi anggaran promosi cukup banyak.

"Selain itu kita juga perlu sinergi dengan berbagai pihak, jangan jalan dan kembangkan sendiri, tapi mari bersama-sama membuat inovasi dan kreativitas guna menarik para wisatawan agar datang ke Cirebon," ujar Dana Kartiman.

KOMPAS.com / Wahyu Adityo Prodjo Wisatawan berbelanja di Batik Trusmi Cirebon, Jawa Barat, Selasa (29/3/2016).
Kota Cirebon memiliki kekayaan produk budaya, seperti topeng dan lukisan kaca, maka dari itu para pelaku usaha juga harus kreatif.

Seperti dengan membuat sebuah rumah tradisional dengan membuat topeng, belajar tarian, pembuatan kaus bergambar topeng dan lain-lainnya. "Dalam rangka meningkatkan kunjungan wisatawan kita semua juga harus kreatif," tambah Dana Kartiman.



Sumber ANTARA
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X