Kompas.com - 22/01/2017, 15:36 WIB
Pantai Pandanan Banyuwangi yang berhadapan langsung dengan Pulau Bali . ARSIP HUMAS PEMKAB BANYUWANGIPantai Pandanan Banyuwangi yang berhadapan langsung dengan Pulau Bali .
|
EditorI Made Asdhiana

BANYUWANGI, KOMPAS.com — Pemkab Banyuwangi sedang menyiapkan pantai khusus perempuan di Pantai Pulau Pandanan yang berada di sisi timur Kota Banyuwangi.

Kepada KompasTravel, Minggu (22/1/2017), Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menjelaskan, konsep wisata pantai khusus perempuan bukan untuk mendiskriminasikan perempuan, tetapi agar mereka lebih nyaman berekspresi dan punya privasi.

"Prospek pasar wisatawan perempuan secara tren di dunia memang terus meningkat. Di Indonesia juga ada lebih dari 120 juta perempuan, dan dari jumlah itu ada yang memang butuh destinasi agar mereka nyaman," kata Anas.

(BACA: Penerbangan Jakarta-Banyuwangi Dibuka April)

Selain itu, menurut Anas, perempuan sangat memengaruhi keputusan kelompok dan keluarganya dalam berbelanja berbagai hal, dari membeli makanan, mobil, sampai berwisata.

”Ada riset yang menunjukkan bahwa perempuan di seluruh dunia ini memegang kontrol atas belanja hingga 18 triliun dollar AS. Contoh simpelnya, kalau Anda suami, mau beli barang pasti selalu minta persetujuan istri. Intinya, kalau sudah bisa menggaet kaum perempuan, satu keluarga dan grup bisa ikut semua. Itu yang kami harapkan karena family tourism dampaknya besar. Belanja family tourism lima kali lebih besar daripada wisatawan individu," lanjut Anas.

ARSIP HUMAS PEMKAB BANYUWANGI Pantai Pandanan memiliki luas 7 hektar akan dijadikan pantai khusus perempuan di Banyuwangi, Jawa Timur.
Pulau Pandanan memiliki kawasan seluas 7 hektar dengan hamparan rumput luas serta banyak ditumbuhi pepohonan. Posisinya berhadapan langsung dengan Pulau Bali.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Anas berencana, di tempat itu akan dibangun tempat hiburan, tempat olahraga, mainan anak-anak, dan fasilitas lain.

"Nanti secara bertahap akan dibangun dan akan menjadi bagian dari pengembangan wisata keluarga. Anak-anak bermain, ibunya bisa menikmati fasilitas lain, dan juga akan disediakan tempat untuk laki-laki yang menunggu istri dan anaknya," katanya.

Anas menambahkan, pengelolaan pantai ini tetap melibatkan warga setempat. Dengan bantuan dari pemerintah daerah, Anas meyakini, destinasi wisata tersebut akan menjadi lebih baik. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Video Pilihan

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.