Kompas.com - 16/03/2017, 13:04 WIB
|
EditorSri Anindiati Nursastri

LASEM, KOMPAS.com - Punya rencana liburan akhir pekan? Destinasi wisata Lasem di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, bisa jadi pilihan.

Lasem menawarkan banyak pilihan wisata seperti wisata kuliner, alam, dan budaya. Akomodasi bergaya China Hindia pun juga bisa dijadikan tempat menginap.

Wisata kuliner yang mesti dicoba di Lasem salah satunya adalah Lontong Tuyuhan. Hidangan ini berisi daging ayam dan tentunya lontong kemudian disiram kuah santan.

BACA: Mencicipi Segarnya Coca-Cola ala Jawa di Lasem

Untuk wisata alam, wisatawan bisa menikmati hamparan sawah dan menyisir sungai melihat hutan bakau. Di ujung daratan Lasem, pantai utara Jawa juga bisa disambangi.

Aktivitas yang tak boleh dilewatkan adalah menyusuri Kampung Turi yang dipenuhi rumah-rumah bergaya China Hindia. Siapkan kamera agar tak kehilangan momen.

KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Penjual Lontong Tuyuhan memotong lontong untuk disajikan bersama daging ayam dan kuah kuning di Sentra Kuliner Lontong Tuyuhan, Desa Tuyuhan, Kecamatan Pancur, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, Jumat (10/2/2017). Sentra Kuliner Lontong Tuyuhan berada di Jalan Raya Lasem - Pandan. Lebih dari lima penjual Lontong Tuyuhan di sentra kuliner Lontong Tuyuhan.

Lalu bagaimana caranya pergi ke Lasem? Berikut KompasTravel susun panduan transportasi jika melancong dari ibu kota Jakarta.

Pertama, salah satu pilihan transportasi yang bisa digunakan adalah kereta api. Titik keberangkatan bisa dari Stasiun Pasar Senen maupun Gambir.

BACA: Yuk, Berburu Foto Instagramable di Lasem

Kereta api yang melayani tujuan Stasiun Semarang Tawang dari Pasar Senen antara lain Tawang Jaya dan Jaya Baya. Sementara dari Stasiun Gambir yaitu Argo Muria, Argo Anggrek, Bangun Karta, Argo Sindoro, Argo Muria, dan Sembrani.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.