Pengalaman Tak Terlupakan, Berlibur ke Bali Saat Nyepi

Kompas.com - 17/03/2017, 05:26 WIB
Ribuan Umat Hindu Lombok Tumpah Ruah Ikuti Upacara Melasti KOMPAS.com/ Karnia SeptiaRibuan Umat Hindu Lombok Tumpah Ruah Ikuti Upacara Melasti
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com - Hari Raya Nyepi yang dirayakan umat Hindu pada Selasa (28/3/2017) memang berbeda dari kebanyakan hari raya.

Hari itu, umat Hindu melaksanakan empat pantangan yang disebut tapa brata. Tanpa bekerja (amati karya), tidak bepergian (amati lelungan), tidak menyalakan api (amati geni), dan tidak bersenang-senang (amati lelanguan).

Banyak wisatawan menghindari berkunjung ke Bali saat Nyepi. Namun beberapa orang justru memilih berkunjung ke Bali saat Nyepi karena memberi pengalaman akan Bali yang berbeda. 

"Tahun 2015 memang tinggal di Bali. Jadi mikir mumpung di Bali dan bukan orang Bali coba ikut Nyepi," kata Edna Tarigan (29), yang kala itu bekerja sebagai wartawan di Bali.

(BACA: Nyepi di Bali, Dilarang ke Luar Rumah dan Selfie di Jalan)

Edna bercerita saat Nyepi ia ditawarkan untuk menginap di hotel.

"Kalau di hotel kita masih dapat akses listrik dan makanan juga terjamin. Jadi sama teman-teman nginap di hotel dari sehari sebelumnya (Nyepi) sudah datang," cerita Edna.

Ia bersama teman-temannya menginap dua malam di hotel. Ternyata Nyepi memberikan pengalaman tak terlupakan bagi Edna.

(BACA: Liburan di Bali Saat Nyepi? Simak Tips Ini)

Mulai dari melihat ogoh-ogoh yang di arak (pengerupukan) di sekitar hotel pada malam sebelum Nyepi sampai menyaksikan bintang di langit dengan mata telanjang.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X