Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mencicipi "Cheesecake" Seharga Rp 770.000 per Loyang

Kompas.com - 17/03/2017, 22:06 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejak kisaran 2016, hidangan berbahan dasar keju menjadi tren di Jakarta dan kota-kota besar lainnya di Indonesia. Hal itu sedikit banyak menjadi alasan gerai kue ternama dari Amerika Serikat, The Cheesecake Factory hadir di Indonesia. Menambah panjang daftar kuliner berbahan dasar keju yang patut dicoba.

Kue keju alias cheesecake konon begitu legendaris di Amerika Serikat. The Cheesecake Factory sendiri telah membuat kue keju sejak tahun 1940-an. Tahun 1972, The Cheesecake Factory Bakery dibuka pertama kali di Los Angeles. Saat ini The Cheesecake Factory memiliki 200 gerai yang tersebar di seluruh dunia.

BACA: Asal Usul Keju Ternyata dari Arab

Beruntung KompasTravel dapat mencoba kue keju dari Negeri Paman Sam tersebut. Kue The Cheesecake Factory kini diimpor langsung dari AS dan dijual di tujuh gerai supermarket di Jakarta. 

"Kompetitor cheesecake lain di Jakarta, (rasanya) cenderung lebih light. Kalu kami extra cheese, sangat kaya keju. Rasanya juga lebih terasa. Misal rasa oreo, memang oreonya lebih terasa. Begitu pula dengan Red Velvet dan Salted Caramel-nya yang cenderung asin tak hanya manis," kata Director The Cheesecake Factory Indonesia, Andre Walla saat ditemui di acara pembukaan The Cheesecake Factory di Food Hall, Plaza Indonesia, Jumat (17/3/2017). 

Kompas.com/Silvita Agmasari Kemasan The Cheesecake Factory.

Dua varian rasa kue The Cheesecake Factory yang KompasTravel cicipi adalah rasa original dan rasa Oreo Dream Extreme. Harus diakui, apa yang disebut oleh Andre benar adanya. Kue ini begitu kaya akan keju, hingga tekturnya pun cenderung mirip keju. 

Untuk rasa original, kue The Cheesecake Factory memiliki rasa keju yang kaya tetapi uniknya tak memiliki bau keju yang khas. Di bagian samping dan dasar kue terdapat lapisan kue garing atau yang disebut crust.

BACA: 4 Jenis Keju di Dunia, Apa Saja?

Saking terasa kejunya, memakan satu potong saja sebenarnya sudah membuat kewalahan. Namun jangan khawatir, rasa keju di kue The Cheesecake Factory tidak memiliki aftertaste yang enek atau menempel di rongga mulut dan tenggorokan.

Bagi yang kewalahan dengan keju, alternatif rasa lainnya adalah Oreo Dream Extreme. Dengan lapisan cokelat krim di bagian atas dan samping, serta kukis oreo di bagian tengah, rasa keju terasa lebih seimbang dengan perpaduan cokelat.

Kompas.com/Silvita Agmasari Kue oreo dream extreme dari The Chesse Cake Factory.

Secara keseluruhan The Cheesecake Factory cenderung menganut "mazhab" New York Style Cheesecake dengan krim yang kaya, tekstur yang lembut dan sangat creamy

BACA: Inilah Keju Terbaik di Dunia...

Di awal peluncuran The Cheesecake Factory menyediakan tiga varian rasa yakni original, Ultimate Red Velvet, dan Oreo Dream Extreme. Dengan ukuran diameter 18 sentimeter dan 22 sentimeter, kue ini dihargai Rp 660.000 dan Rp 770.000. Sayangnya kue ini tak dapat dibeli per potong, alias harus dibeli utuh. 

Menurut Andre tiga rasa tersebut merupakan yang paling populer di Amerika Serikat. Rencananya akan ada tiga rasa lagi yang didatangkan dari pabrik The Cheesecake Factory yang berlokasi di California.

"Masih menunggu BPOM. Di Amerika Serikatnya sendiri ada 40-50 rasa," kata Andre yang berjanji akan membawakan varian rasa lain secara berkala.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com