Rangkaian Kegiatan Ini Dilakukan Saat Nyepi di Bali

Kompas.com - 18/03/2017, 19:07 WIB
Parade Ogoh-ogoh Anak PAUD di Lapangan Lumintang Denpasar KOMPAS.com/SRI LESTARIParade Ogoh-ogoh Anak PAUD di Lapangan Lumintang Denpasar
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com - Berwisata ke Bali saat Hari Nyepi banyak dihindari wisatawan. Padahal sebenarnya saat Nyepi, di mana tahun ini dirayakan Selasa (28/3/2017), wisatawan justru memiliki kesempatan untuk mendapatkan pengalaman wisata yang berbeda.

Ada ragam kegiatan menarik jelang, saat, dan setelah Nyepi. Seperti yang KompasTravel rangkum berikut ini:

1. H-2 Hari Nyepi

Dua hari sebelum hari Nyepi, umat Hindu melaksanakan upacara Melasti. Di upacara ini, umat hindu Bali akan melaksanakan sembahyang di laut. Aneka sarana persembahyangan diarak dari pura ke pantai.

(BACA: Pengalaman Tak Terlupakan, Berlibur ke Bali Saat Nyepi)

Di selatan Bali, salah satu pantai yang bisa dikunjungi untuk melihat prosesi ini adalah Pantai Sanur. Di sisi timur Bali, Anda bisa mampir ke Pantai Candidasa atau Pantai Klotok.

2. H-1 Hari Nyepi

Satu hari sebelum Nyepi disebut Tawur Kesanga atau Mecaru. Di hari ini juga berlangsung Ngerupuk yang identik dengan pawai ogoh-ogoh.

(BACA: Di Bali, Kabupaten Ini yang Paling Banyak Terdapat Ogoh-ogoh)

Daerah Kuta, Bali menjadi daerah yang tepat untuk menyaksikan pawai ogoh-ogoh. Sebab di satu hari sebelum Nyepi, biasanya diselenggarakan festival ogoh-ogoh.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X