Kompas.com - 06/04/2017, 06:04 WIB
puncak gunung prau Kontributor Semarang, Nazar Nurdinpuncak gunung prau
|
EditorSri Anindiati Nursastri

SEMARANG, KOMPAS.com – Kegiatan pendakian Gunung Prau di dataran tinggi Dieng, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah kembali dibuka untuk wisatawan pada 5 April 2017. Gunung ini sempat ditutup untuk pendakian karena adanya reboisasi ekosistem hutan.

Koordinator Wisata Dieng Adventure Wonosobo, Musa Haq, mengatakan bahwa pembukaan Gunung Prau disertai dengan pembukaan jalur baru. Pembukaan jalur baru ini untuk mengakomodir banyaknya masyarakat yang hendak naik gunung. Selain itu, jalur lama yang digunakan melalui Desa Patakbanteng rupanya tengah mengalami kerusakan.

BACA: Mendaki Gunung Prau? Coba Lewat Jalur Baru dari Dusun Wates

“Jalur baru tetap dari Patakbanteng, tapi sudah kami desain yang baru,” kata Musa kepada KompasTravel, Rabu (5/4/2017).

Jalur ini dibuka agar para pendaki dari kalangan muda-mudi, anak-anak, atau para pendaki pemula bisa nyaman melewati jalur yang disiapkan. Pihak pengelola juga membuatkan jalur jembatan untuk dilewati.

“Perbaikan di bagian pos atas memang belum (dilakukan). Kami fokus yang dekat basecamp dulu. Tapi kami sudah ada trek lagi, dan sudah ada jalur lainnya dengan dibuat jembatan untuk lewat. Jalur itu sudah untuk umum juga,” ucapnya.

BACA: Wisata ke Borobudur, Tengok Juga Tulip di Dieng...

Secara keseluruhan, lanjut Musa, ada tujuh jalur yang bisa dilalui para pendaki untuk sampai di puncak Gunung Prau. Jalur itu bisa dilalui dari berbagai daerah. Namun yang populer adalah jalur Patakbanteng.

Pasca dibuka jalur baru, Musa meyakini animo masyarakat akan semakin tinggi untuk menikmati keindahan Gunung Prau. Apalagi pada momentum liburan, animo akan semakin banyak.

BACA: Mendaki Gunung Prau? Siapkan Baju Hangat, Sepatu, dan Obat-obatan...

Gunung Prau dikenal mempunyai pemandangan alam yang menawan. Hamparan puncak gunung yang begitu luas memberikan kesempatan para pendaki untuk mendirikan ribuan tenda di atas puncak.

Gunung ini juga bisa didaki semua kalangan, sehingga pada hari-hari tertentu jumlah pendaki bisa mencapai ribuan. Gunung ini berketinggian 2.565 di atas permukaan laut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.