Kompas.com - 06/04/2017, 15:05 WIB
|
EditorSri Anindiati Nursastri

JAKARTA, KOMPAS.com - Majapahit Travel Fair (MTF) kembali digelar pada 13-16 April 2017 di Grand City Convex Surabaya, Jawa Timur. Acara yang digelar ke-18 kalinya ini mengambil tema "Adventure Tourism".

"Ini merupakan pameran, tapi dalamnya berbagai kegiatan selain Travex ada juga familiarization trip. Ada 120 buyer dari 23 negara," kata Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata, Esthy Reko Astuty dalam jumpa pers Majapahit Travel Fair 2017 di Kementerian Pariwisata, Jakarta, Kamis (6/2017).

Esthy berharap MTF 2017 bisa mendukung pencapaian salah satu target Kementerian Pariwisata terkait kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) dan pergerakan wisatawan nusantara (wisnus) pada 2019.

Adapun target Kementerian Pariwisata tersebut adalah 20 juta wisman dan 275 juta pergerakan wisnus.

"Promosinya (MTF) memang sudah kita lakukan di awal. Ini merupakan dukungan awareness kami (Kementerian Pariwisata) atas kegiatan ini," jelas Esthy.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur, H Jarianto mengatakan Majapahit Travel Fair adalah satu dari 100 event pariwisata Jawa Timur yang berskala internasional. Menurutnya, Majapahit Travel Fair adalah acara tahunan yang dimiliki oleh Jawa Timur.

"Teman-teman pelaksananya itu ada Travex yang melakukan Asita. Kedua ada pameran. Pameran itu tempatnya jadi satu. Ada famtrip-nya ke Sumenep, Kota Malang Raya, dan Bromo," tutur Jarianto.

MTF 2017 dijadwalkan dihadiri 90 buyer dari 16 negara. Negara itu adalah Malaysia, Singapura, Myanmar, Brunei Darussalam, Thailand, Filipina, Kamboja, Vietnam, Jepang, Belanda, Italia, India, China, Hongkong, Bangladesh dan Arab Saudi.

Sementara seller sebanyak 66 industri pariwisata terdiri dari 38 industri pariwisata Jawa Timur dan 28 industri pariwisata dari luar Jawa Timur, yakni; Jakarta, Bali, Jawa Barat, Banten, Yogyakarta, Nusa Tenggara Barat, dan Kepulauan Riau.

MTF 2017 terdiri beberapa kegiatan utama antara lain Business to Business (B2B) Travel Exchange (Travex) yang mempertemukan seller dengan buyer dalam round table/table top. Travex akan berlangsung di Hotel Vasa Surabaya pada 13 April 2017.

Selain Travex, ada pula acara Business to Consumer (B2C) berupa pameran dan bursa yang digelar di Exhibition Hall Grand City Convex Surabaya pada 13 - 16 April 2017, diikuti oleh 150 peserta (stand). Pameran ini terbuka untuk umum dan gratis, digelar mulai pukul 10.00 hingga 21.00 WIB.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.