Generasi Milenial Pilih Destinasi Liburan yang "Instagrammable"

Kompas.com - 10/04/2017, 18:16 WIB
Wisatawan berfoto di puncak bukit di Pulau Padar dengan latar belakang teluk-teluk yang ada di pulau yang berada di kawasan Taman Nasional Komodo di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, tersebut, 31 Agustus 2015. KOMPAS/YOVITA ARIKAWisatawan berfoto di puncak bukit di Pulau Padar dengan latar belakang teluk-teluk yang ada di pulau yang berada di kawasan Taman Nasional Komodo di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, tersebut, 31 Agustus 2015.
|
EditorI Made Asdhiana

KOMPAS.com - Destinasi wisata yang tampil "cantik" di Instagram dipercaya memengaruhi keputusan pelancong dalam memilih daerah tujuan liburan.

Berdasarkan riset yang dilakukan Schofields Insurance, 40,1 persen responden yang merupakan generasi milenial, memilih lokasi berlibur yang "Instagrammable".

Istilah ini dikerap dipakai pengguna media sosial Instagram untuk menyebutkan tempat-tempat yang bisa tampil "cantik" atau "keren" di Instagram.

Para responden tersebut memilih dengan bayangan sejauh mana destinasi wisata tersebut bisa tampak "indah" di Instagram mereka.

(BACA: Bagi Generasi Milenial, Traveling Lebih Penting daripada Beli Rumah)

Survei ini dilakukan di Inggris dengan melibatkan 1.000 responden berusia 18 hingga 33 tahun. Ternyata hasilnya menunjukan bahwa Instagram menjadi motivasi utama mereka dalam menentukan destinasi liburan.

Hasil survei lainnya menunjukkan, selain Instagram, ketersediaan dan harga minuman alkohol, memengaruhi keputusan responden dalam memilih destinasi liburan.

JOKO DWI CAHYANA Wisatawan sedang menikmati Air Terjun Benang Kelambu di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.
Tak heran, orang Inggris terbiasa minum minuman alkohol sehari-hari. Sebanyak 24 persen responden mengungkapkan bahwa kedua hal ini menjadi prioritas utama mereka dalam memilih destinasi liburan.

Keputusan lainnya adalah dipengaruhi oleh "pengembangan diri" dengan sebanyak 22 persen responden menjawab hal tersebut. Bisa dibilang mereka berlibur untuk mencari jati diri.

Sebanyak 9,4 persen memilih destinasi liburan yang memberikan mereka kesempatan untuk mencicipi makanan lokal. Sementara hanya 3,9 persen responden yang memilih destinasi liburan hanya untuk sekadar lihat-lihat.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X