Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/04/2017, 07:23 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

LUMAJANG, KOMPAS.com - Air Terjun Tumpak Sewu bisa jadi pilihan berlibur di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Pasalnya, Air Terjun Tumpak Sewu punya berbagai aktivitas menarik untuk dicoba wisatawan.

Pengelola Wisata Alam Air Terjun Tumpak Sewu, Abdul Karim saat ditemui di sela-sela program Familiarization Trip Tourism of Lumajang, Minggu (9/4/2017) malam mengatakan wisatawan bisa menikmati pemandangan air terjun hingga memetik buah salak.

"Awalnya konsep wisata Tumpak Sewu untuk anak-anak muda. Tapi kita ada dua konsep. Kalau dari sini sampai panorama sini untuk mass tourism. Jadi bisa untuk anak-anak, keluarga, orang tua, difabel bisa saja sampai ke sana (air terjun)," ujar Karim.

(BACA: Air Terjun Tumpak Sewu di Lumajang, Niagara-nya Indonesia)

Aktivitas pertama yang bisa dicoba di obyek wisata Air Terjun Tumpak Sewu adalah menikmati pemandangan air terjun. Wisatawan cukup berjalan kaki sejauh 400 meter untuk bisa sampai ke Pos Panorama.

"Kita tawarkan pemandangan air terjun yang termasuk unik. Air terjunnya itu unik karena bentuknya setengah lingkaran. Biasanya kan air terjun dari sungai saja tapi ini dari mata air dan keluar dari tebing," jelasnya.

Pos Panorama adalah sebuah tempat yang didesain oleh pengelola untuk wisatawan dengan pelindung jurang dari bambu.

KOMPAS.COM/WAHYU ADITYO PRODJO Wisatawan menikmati panorama Air Terjun Tumpak Sewu di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Minggu (9/4/2017).
Di sana terdapat area yang lebih tinggi untuk bisa menikmati pemandangan air terjun dan mengabadikan gambar dengan latar belakang Air Terjun Tumpak Sewu.

Aktivitas lain yang bisa dilakukan di obyek wisata Air Terjun Tumpak Sewu adalah trekking dari Pos Panorama ke lembah air terjun.

(BACA: Sumber Pitu, Air Terjun Andalan Malang)

Wisatawan akan melewati jalur tanah dengan kombinasi bambu yang cukup terjal dan menuruni aliran air terjun kecil.

"Tapi kalau dari Pos Panorama ke bawah kita konsepnya ekoturisme. Untuk wisata minat khusus itu jadi harus pakai pemandu," tambah Karim.

Di lembah Air Terjun Tumpak Sewu, wisatawan akan diajak berjalan melewati tebing-tebing yang mengapit dan menyeberang aliran sungai. Tepat di dasar air terjun, wisatawan bisa melihat derasnya aliran air terjun.

Bukan hanya wisata petualangan yang bisa dicoba di obyek wisata Air Terjun Tumpak Sewu. Pengelola juga menawarkan agrowisata buah salak.

KOMPAS.COM/WAHYU ADITYO PRODJO Wisatawan menikmati panorama Air Terjun Tumpak Sewu di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Minggu (9/4/2017). Wisatawan bisa mencoba trekking ke dasar Air Terjun Tumpak Sewu.
"Wisatawan bisa wisata agro metik salak prono di kebun warga. Di sini banyak warga nanam salak. Dan wisatawan bisa ke kebunnya nanti," jelasnya.

Untuk mencoba pilihan aktivitas di obyek wisata Air Terjun Tumpak Sewu, wisatawan bisa menghubungi pengelola obyek wisata Air Terjun Tumpak Sewu. Wisatawan akan dikenakan biaya pemandu wisata untuk trekking dan agrowisata buah salak.

Air Terjun Tumpak Sewu di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Air Terjun Tumpak Sewu bisa diakses dari arah Kabupaten Lumajang maupun Malang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com