Kompas.com - 12/04/2017, 07:23 WIB
Air Terjun Tumpak Sewu di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Minggu (9/4/2017). Dinamakan Tumpak Sewu, lantaran disebut-sebut punya seribu aliran air dan bila diartikan dalam bahasa Jawa adalah sewu. KOMPAS.COM/WAHYU ADITYO PRODJOAir Terjun Tumpak Sewu di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Minggu (9/4/2017). Dinamakan Tumpak Sewu, lantaran disebut-sebut punya seribu aliran air dan bila diartikan dalam bahasa Jawa adalah sewu.
|
EditorI Made Asdhiana

LUMAJANG, KOMPAS.com - Air Terjun Tumpak Sewu bisa jadi pilihan berlibur di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Pasalnya, Air Terjun Tumpak Sewu punya berbagai aktivitas menarik untuk dicoba wisatawan.

Pengelola Wisata Alam Air Terjun Tumpak Sewu, Abdul Karim saat ditemui di sela-sela program Familiarization Trip Tourism of Lumajang, Minggu (9/4/2017) malam mengatakan wisatawan bisa menikmati pemandangan air terjun hingga memetik buah salak.

"Awalnya konsep wisata Tumpak Sewu untuk anak-anak muda. Tapi kita ada dua konsep. Kalau dari sini sampai panorama sini untuk mass tourism. Jadi bisa untuk anak-anak, keluarga, orang tua, difabel bisa saja sampai ke sana (air terjun)," ujar Karim.

(BACA: Air Terjun Tumpak Sewu di Lumajang, Niagara-nya Indonesia)

Aktivitas pertama yang bisa dicoba di obyek wisata Air Terjun Tumpak Sewu adalah menikmati pemandangan air terjun. Wisatawan cukup berjalan kaki sejauh 400 meter untuk bisa sampai ke Pos Panorama.

"Kita tawarkan pemandangan air terjun yang termasuk unik. Air terjunnya itu unik karena bentuknya setengah lingkaran. Biasanya kan air terjun dari sungai saja tapi ini dari mata air dan keluar dari tebing," jelasnya.

Pos Panorama adalah sebuah tempat yang didesain oleh pengelola untuk wisatawan dengan pelindung jurang dari bambu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

KOMPAS.COM/WAHYU ADITYO PRODJO Wisatawan menikmati panorama Air Terjun Tumpak Sewu di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Minggu (9/4/2017).
Di sana terdapat area yang lebih tinggi untuk bisa menikmati pemandangan air terjun dan mengabadikan gambar dengan latar belakang Air Terjun Tumpak Sewu.

Aktivitas lain yang bisa dilakukan di obyek wisata Air Terjun Tumpak Sewu adalah trekking dari Pos Panorama ke lembah air terjun.

(BACA: Sumber Pitu, Air Terjun Andalan Malang)

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.