Kompas.com - 02/05/2017, 17:03 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

KOMPAS.com - Beberapa tahun belakangan, Jerman menjadi negara dengan paspor terkuat di dunia. Warga Negara Jerman bisa memasuki 159 negara di dunia tanpa harus menggunakan visa.

Hal itu diumumkan dalam Global Passport Power Rank yang dirilis lewat situs Passport Index.

BACA: 10 Negara dengan Paspor Terkuat Tahun 2017

Peringkat kedua ditempati oleh Swedia dan Singapura, masing-masing memiliki bebas visa ke 158 negara. Namun baru-baru ini, situs Passport Index meralat daftar tersebut.

Dari situs resmi Passport Index, Selasa (2/5/2017), Singapura kini bersaing dengan Jerman sebagai negara dengan paspor terkuat di dunia. Peringkat tersebut efektif per 16 April 2017.

Hal itu karena baru-baru ini, Ukraina memerpanjang Visa on Arrival (VoA) untuk pemegang paspor Singapura selama 15 hari. Sehingga kini, pemegang paspor Singapura bisa memasuki 159 negara tanpa visa. 

BACA: Lebih Baik Bikin E-Paspor Atau Paspor Biasa?

Jumlah 159 negara milik Jerman terbagi menjadi 125 negara bebas visa dan 34 negara dengan VoA. Sementara itu, jumlah 159 milik Singapura terbagi menjadi 122 negara bebas visa dan 37 negara dengan VoA.

Selain dunia, Singapura otomatis menjadi negara dengan paspor terkuat di Asia. Diikuti oleh Korea Selatan (157), Jepang (156), dan Malaysia (156).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.