Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengelola "Cave Tubing" Kalisuci Batasi Jumlah Pengunjung

Kompas.com - 24/05/2017, 17:07 WIB

KOMPAS.com - Kabupaten Gunungkidul di DI Yogyakarta punya banyak destinasi wisata alam. Kalisuci adalah salah satunya, sebuah goa alami yang dialiri sungai jernih.

Kalisuci adalah lokasi untuk cave tubing. Saat hari libur terutama akhir pekan, Kalisuci selalu dipenuhi wiatawan. Namun pengurus Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kalisuci, Yanto, mengatakan bahwa pihak mereka harus tetap menjaga ekosistem dari goa dan sungai di sana.

"Kami ingin ekosistem goa tetap terjaga," tuturnya kepada Tribun Jogja, Kamis (18/5/2017). 

Setiap hari, pengelola hanya memasukkan 250 orang untuk cave tubing. Tiap rombongan maksimal membawa 20 orang, dengan jeda masing-masing rombongan 200 menit.

Padahal, menurut kajian dari akademisi, Kalisuci bisa dimasuki 300-400 orang.

Namun dengan begitu, wisatawan tampaknya bisa lebih menikmati suasana di Kalisuci. Seorang turis asal Filipina, Eby mengaku terpesona dengan keindahan aliran sungai bawah tanah Kalisuci.

"Luar biasa indah, saya sangat suka di sini," tuturnya.

Biaya per orang untuk cave tubing adalah Rp 70.000. Rute yang dilalui sekitar 700 meter dan melewati empat goa Kalisuci. Durasi cave tubing adalah sekitar 1,5-2 jam. 

Berita ini diambil dari Tribun Jogja dengan judul "Jaga Ekosistem Goa, Pengelola Cave Tubing Kalisuci Gunungkidul Batasi Pengunjung".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com