Pengelola "Cave Tubing" Kalisuci Batasi Jumlah Pengunjung

Kompas.com - 24/05/2017, 17:07 WIB
View goa pertama di Kalisuci, Gunung Kidul, Yogayakarta nampak sangat indah, dan menantang adrenalin peserta cave tubing. KOMPAS.COM/RONNY ADOLOF BUOLView goa pertama di Kalisuci, Gunung Kidul, Yogayakarta nampak sangat indah, dan menantang adrenalin peserta cave tubing.
EditorSri Anindiati Nursastri

KOMPAS.com - Kabupaten Gunungkidul di DI Yogyakarta punya banyak destinasi wisata alam. Kalisuci adalah salah satunya, sebuah goa alami yang dialiri sungai jernih.

Kalisuci adalah lokasi untuk cave tubing. Saat hari libur terutama akhir pekan, Kalisuci selalu dipenuhi wiatawan. Namun pengurus Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kalisuci, Yanto, mengatakan bahwa pihak mereka harus tetap menjaga ekosistem dari goa dan sungai di sana.

"Kami ingin ekosistem goa tetap terjaga," tuturnya kepada Tribun Jogja, Kamis (18/5/2017). 

Setiap hari, pengelola hanya memasukkan 250 orang untuk cave tubing. Tiap rombongan maksimal membawa 20 orang, dengan jeda masing-masing rombongan 200 menit.

Padahal, menurut kajian dari akademisi, Kalisuci bisa dimasuki 300-400 orang.

Namun dengan begitu, wisatawan tampaknya bisa lebih menikmati suasana di Kalisuci. Seorang turis asal Filipina, Eby mengaku terpesona dengan keindahan aliran sungai bawah tanah Kalisuci.

"Luar biasa indah, saya sangat suka di sini," tuturnya.

Biaya per orang untuk cave tubing adalah Rp 70.000. Rute yang dilalui sekitar 700 meter dan melewati empat goa Kalisuci. Durasi cave tubing adalah sekitar 1,5-2 jam. 

Berita ini diambil dari Tribun Jogja dengan judul "Jaga Ekosistem Goa, Pengelola Cave Tubing Kalisuci Gunungkidul Batasi Pengunjung".



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X