Kompas.com - 03/06/2017, 22:08 WIB
|
EditorI Made Asdhiana
JAKARTA, KOMPAS.com - Tak ada aturan untuk saat yang tepat makan durian. Buah berduri dengan daging yang manis legit ini dapat disantap sepanjang hari.
 
Kabar baik jika ingin menyantap durian di waktu yang tak biasa, sentra durian di daerah Kalibata, Jakarta Selatan menjadi destinasi yang tepat. 
 
"Di sini (sentra durian Kalibata) buka 24 jam, seminggu tujuh hari penuh. Tanggal merah juga buka, nggak ada liburnya," kata penjual durian di Sentra Durian Kalibata, Ata, Selasa (11/4/2017). 
 
 
Ada 30 pedagang durian yang memiliki gerai di Sentra Durian Kalibata. Dari dulu daerah Kalibata memang terkenal dengan penjaja durian kaki lima.
 
Tahun 2016 awal, tepatnya di bulan Februari para pedagang durian Kalibata mendapat tempat yang lebih layak dengan gerai permanen yang dibangun oleh Pemkot Jakarta Selatan dan CSR perusahaan. 
 
"Alhamduilah tempat baru jauh lebih enak, kalau tamu juga lebih enak ada tempat yang layak. Hujan jadi tak kehujanan," kata penjual durian di Sentra Durian Kalibata, Diroh. 
 
 
Sebelum diberi bangunan permanen, menurut Ata yang telah berjualan durian di Kalibata sejak tahun 1981, pengunjung harus makan durian seadanya tanpa meja makan dan atap terbuka. 
 
"Kadang yang ngegeletak aja gitu di jalan durennya. Kalau begini kan sama-sama enak pembeli dan penjualnya," kata Ata.
 
Adanya bangunan yang permanen, menurut Ata, penjualan juga semakin meningkat. 
 
Kompas.com/Silvita Agmasari Durian pak di sentra durian Kalibata.
Saat KompasTravel berkunjung pukul 14.00, Sentra Durian Kalibata telah ramai pengunjung. Menurut Ata waktu pengunjung paling padat adalah pukul 16.00-21.00 dan pada akhir pekan. 
 
Meski memiliki tempat makan yang nyaman, nyatanya Sentra Durian Kalibata tak memiliki tempat parkir yang layak. Pengunjung hanya dapat memarkir kendaraan di tepi jalan, yang mana jika pengunjug padat parkiran akan semakin sulit. Alternatifnya adalah dengan memarkir di sentra kuliner tepat sebelum Sentra Durian Kalibata. 
 
Buah durian di Sentra Kalibata Durian terdiri dari berbagai jenis, tergantung musim. Uniknya semua gerai memiliki jenis durian yang sama karena menurut Ata hanya ada dua orang pemasok gerai durian. Sentra Durian Kalibata menjadi jawaban yang ingin makan durian 24 jam bahkan sepanjang tahun. 
 
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.